TIPS LARIS: Bingung Tetapkan Harga Produk? Begini Caranya

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

TIPS LARIS: Bingung Tetapkan Harga Produk? Begini Caranya

TIPS LARIS: Bingung Tetapkan Harga Produk? Begini Caranya

KEPONEWS.COM - TIPS LARIS: Bingung Tetapkan Harga Produk? Begini Caranya JAKARTA - Harga produk dapat menarik atau menghancurkan urusan ekonomi kecil Anda. Jikalau Anda menetapkan harga lebih tinggi dari apa yang biasanya dileuarkan oleh pelanggan, maka sudah pasti Anda ke...

JAKARTA - Harga produk dapat menarik atau menghancurkan urusan ekonomi kecil Anda. Jikalau Anda menetapkan harga lebih tinggi dari apa yang biasanya dileuarkan oleh pelanggan, maka sudah pasti Anda kehilangan penjualan. Tapi jikalau Anda menetapkan harga terlalu rendah, Anda tidak mendapatkan potensi keuntungan tertinggi.

Oleh karena itu, harga suatu produk harus berada di tengah-tengah antara keduanya untuk menghasilkan pendapatan. Sayangnya, tidak ada rumus sederhana untuk mendapatkan harga yang tepat.

BERITA REKOMENDASI

Namun, Anda dapat menggunakan taktik yang berbeda untuk menemukan harga yang memuaskan Anda dan memenuhi kebutuhan pelanggan Anda. Berikut cara tepat menentukan harga produk melansir Patriot Software.

A. Riset pasar

Melakukan analisis pasar pada pelanggan Anda dan kompetitor dapat membantu mengetahui seberapa besar pelanggan bersedia membayar.

1. Pelanggan

Memahami pelanggan Anda menjadi penting untuk menetapkan harga produk. Melakukan wawancara, survei, atau fokus ke kelompok tertentu guna mengetahui kebutuhan pelanggan target Anda. Anda juga dapat melihat statistik industri secara spesifik. Mencari tren di tempat-tempat yang dituju target pelanggan Anda untuk menghabiskan uang dan berapa banyak mereka menghabiskan uang tersebut.

2. Kompetitor

Mencari tahu harga produk serupa di perusahaan lain juga menjadi hal yang penting. Namun, Anda tidak perlu membuat harga Anda lebih rendah dari pesaing Anda. Berlomba untuk mengatur harga termurah bisa mendorong pendapatan menjadi sangat kecil. Sebaliknya, Anda perlu memasarkan produk yang berharga dan bernilai bagi mereka.

B. Menentukan harga produk

Gunakan analisis pasar Anda untuk memutuskan apa yang membuat pelanggan Anda bersedia membayar. Anda juga harus mempertimbangkan biaya menjalankan urusan ekonomi Anda. Lihatlah margin kotor Anda untuk memutuskan batas bawah harga. Untuk menentukan harga produk, cobalah satu atau lebih dari taktik berikut.

1. Segmentasi harga

Dengan metode ini, Anda memetakan kebutuhan dalam kelompok yang lebih spesifik dalam pasar Anda. Anda bisa memberikan diskon untuk kelompok-kelompok yang cenderung membayar lebih sedikit.

Misalnya, sebuah kedai kopi di sebelah perguruan tinggi mungkin memiliki kelompok pasar yang menunjukkan pelanggan membayar lebih rendah yaitu mahasiswa. Pemilik bisa memberikan mahasiswa diskon paketan untuk kopi dan snack tanpa harus menurunkan harganya.

2. Harga berjenjang

Dengan harga berjenjang, Anda memberikan semua pelanggan pilihan harga yang berbeda untuk produk yang sama. Metode ini membuat harga meningkat seiring dengan naiknya kapasitas produk yang di tawarkan.

3. Paket bundel

Ketika Anda membuat bundel atau paketan, Anda menjual dengan harga yang kurang dari total harga masing-masing produk. Bundling bisa membuat pelanggan untuk membeli lebih banyak produk dari yang mereka inginkan.

Misalnya, kalau Anda memiliki toko furnitur, Anda bisa bundel sofa dan kursi. Paket akan lebih murah daripada jikalau membeli sofa dan kursi secara terpisah. Jikalau pelanggan hanya ingin sofa, harga paket mungkin membujuk mereka untuk membeli lebih banyak untuk mengambil keuntungan dari bundel.

TIPS LARIS: Bingung Tetapkan Harga Produk? Begini Caranya

Comments