[Tips] Konferensi Video dan Siaran Langsung Menggunakan Kamera Canon

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

[Tips] Konferensi Video dan Siaran Langsung Menggunakan Kamera Canon

[Tips] Konferensi Video dan Siaran Langsung Menggunakan Kamera Canon

KEPONEWS.COM - [Tips] Konferensi Video dan Siaran Langsung Menggunakan Kamera Canon Konferensi video saat kerja dari rumah menjadi salah satu aktivitas yang paling sering dilakukan oleh para pekerja di masa pandemi COVID-19. Tapi, tidak semua laptop punya webcam dengan kualitas gamba...

Konferensi video saat kerja dari rumah menjadi salah satu aktivitas yang paling sering dilakukan oleh para pekerja di masa pandemi COVID-19. Tapi, tidak semua laptop punya webcam dengan kualitas gambar yang baik. Solusinya bisa memakai webcam tambahan atau bisa juga memakai kamera mirrorless atau DSLR. Setiap pabrikan kamera saat ini sudah menyiapkan software khusus untuk mengubah kameranya menjadi webcam untuk konferensi video atau siaran langsung.

canon eos webcam utility beta 6

Nah, di tips kali ini kami akan memberikan panduan bagaimana langkah-langkah mengubah kamera Canon Kamu menjadi webcam memakai software bernama EOS Webcam Utility. Berikut langkah-langkahnya:

1. Unduh software Canon EOS Webcam Utility dari situs Canon di sini.
2. Buka file .zip Canon EOS Webcam Utilty kemudian pilih Setup.exe
3. Klik ok dan ikuti semua langkah instalasi hingga instalasi selesai
4. Siapkan kamera Canon Kamu, atur posisinya dan pasang ke tripod. Di tips kali ini kami memakai kamera mirrorles EOS M6 Mark II.

canon eos webcam utility 3

Untuk kamera Canon yang kompatibel dan bisa diubah menjadi webcam sebagai berikut.
eos webcam utility

5. Hubungkan kamera Canon EOS M6 Mark II ke laptop atau desktop PC memakai kabel USB. Untuk Canon EOS M6 Mark II bisa memakai USB Type C.
canon eos webcam utility 2

6. Kemudian, nyalakan Canon EOS M6 Mark II
7. Pilih modus video di Canon EOS M6 Mark II. Menariknya, Kamu juga masih dimungkinkan untuk memanfaatkan teknologi Autofocus di kamera sehingga wajah atau mata Kamu akan tetap fokus.

canon eos webcam utility 1

wajib diperhatikan juga pengaturan kamera seperti ISO, bukaan diafragma dan kecepatan rana kamera. Sesuaikan pengaturan ISO, bukaan diafragma dan kecepatan rana kamera dengan kondisi pencahayaan di ruangan. Untuk ruangan dengan kondisi pencahayaan yang cukup terang bisa pilih ISO 800 atau ISO 1600, kemudian atur bukaan diafragma ke bukaan terbesar dan sesuaikan kecepatan rana kamera dengan bukaan diafragma.

K413 728 yangcanggih

8. Jalankan software konferensi video. Untuk tips kali ini kami memakai software Zoom.
9. Di pengaturan Zoom kemudian pilih video. Di opsi kamera kemudian pilih EOS Webcam Utilty.
canon EOS M6 Mark II webcam zoom

Berikut perbandingan antara kamera webcam laptop dengan kamera EOS M6 Mark II:

See also

ASUS RT AX28U 1

Webcam di laptop
HP webcam

Canon EOS M6 Mark II
canon EOS M6 Mark II webcam 1

10. Kamera Canon Kamu langsung siap untuk digunakan konferensi video dengan kualitas gambar yang jauh lebih jelas, terang dan tajam kalau dibandingkan webcam laptop.

Selama memakai Canon EOS M6 Mark II menjadi webcam di Zoom, kami juga masih dimungkinkan untuk memanfaatkan fasilitas latar virtual dari Zoom.
canon EOS M6 Mark II webcam 2

Untuk melakukan siaran langsung di platform Youtube, langkah-langkahnya juga sama. Setelah masuk di beranda Youtube Studio, di menu Webcam Kamu hanya perlu memilih opsi EOS Webcam Utility dan kamera bisa langsung digunakan untuk siaran langsung tanpa perlu lagi memakai software broadcasting seperti OBS.

canon EOS M6 Mark II webcam youtube

Selamat mencoba!

Comments