TIPS KARIER: Trik Jitu Bagi Anda yang 'Malas' Mencari Kerja

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

TIPS KARIER: Trik Jitu Bagi Anda yang 'Malas' Mencari Kerja

TIPS KARIER: Trik Jitu Bagi Anda yang 'Malas' Mencari Kerja

KEPONEWS.COM - TIPS KARIER: Trik Jitu Bagi Anda yang 'Malas' Mencari Kerja JAKARTA - Apakah Anda mencintai pekerjaan Anda? Tidakkah berpikir untuk mencari pekerjaan baru? Meski tidak memiliki niat berhenti kerja, Anda harus bersiap jikalau suatu ketika keluar dari perusahaan...
Loading...

JAKARTA - Apakah Anda mencintai pekerjaan Anda? Tidakkah berpikir untuk mencari pekerjaan baru? Meski tidak memiliki niat berhenti kerja, Anda harus bersiap jikalau suatu ketika keluar dari perusahaan.

Pasalnya, sebuah perusahaan pasti memerlukan reorganisasi pekerja. Entah untuk alasan keuangan atau perubahan manajer. Maka dari itu, mungkin Anda perlu mencari pekerjaan baru.

BERITA REKOMENDASI

Kalau Anda termasuk orang yang pasif dalam mencari pekerjaan, ada beberapa tips bagi Anda agar lebih mudah mendapatkan pekerjaan. Mengingat orang yang pasif memang pribadi yang terbuka dengan pekerjaan baru namun segan untuk mencari tau lebih dalam.

Berikut tips yang dilansir dari The Balance:

1. Jadi pengguna aktif LinkedIn

Buatlah Profil LinkedIn yang baik termasuk pendidikan, pengalaman, keterampilan, sertifikasi. Profil LinkedIn Anda ialah resume Anda, jadi pastikan untuk mengoreksi dengan hati-hati.

Setelah Profil Anda diatur, hubungkan dengan semua orang yang Anda kenal. Jangan terhubung dengan orang-orang secara tak terencana karena mereka tidak akan membantu Anda dalam mencari pekerjaan.

Bergabung Grup LinkedIn yang relevan. Ada kelompok pencari pekerjaan, kelompok perusahaan, kelompok alumni, kelompok perguruan tinggi, dan kelompok-kelompok jaringan. Grup merupakan sumber yang baik dari kontak jaringan, saran pencarian kerja, dan daftar pekerjaan.

2. Tulis rekomendasi

Menulis rekomendasi LinkedIn untuk beberapa koneksi Anda. Sebagai imbalannya, Anda akan mendapatkan rekomendasi kembali dari setidaknya beberapa orang.

3. Gunakan Media Sosial

Jangan berhenti dengan LinkedIn. Gunakan Facebook, account Twitter dan Google+ untuk memperluas basis koneksi Anda.

4. Membangun Jaringan Karir

Anda tidak harus menghabiskan banyak waktu untuk membuat jaringan, tapi sesekali luangkan waktu untuk menambah jaringan Anda. Semakin besar jaringan Anda, semakin banyak peluang yang Anda miliki ketika Anda mencari pekerjaan.

5. Tetap Terhubung dengan Jaringan Anda

Update status di Facebook, tweet sekarang dan kemudian, link posting menarik ke halaman jaringan sosial Anda. Tetap berhubungan dan ingatkan jaringan Anda. Kalau Anda tertarik, berikan kontak Anda. Jalin hubungan baik dengan minum atau kopi atau makan siang sekali-sekali.

6. Periksa Daftar Lowongan

Seminggu sekali Anda perlu menggunakan mesin pencari pekerjaan untuk mencari pekerjaan yang mungkin sesuai dengan keterampilan Anda. Cari jabatan atau lokasi di mana Anda ingin bekerja. Anda akan melihat, sekilas, daftar pekerjaan terbuka yang sesuai dengan latar belakang Anda.

7. Perbarui Resume Anda

Memiliki resume harus diperbarui. Setiap kali Anda mengubah pekerjaan atau pendidikan, perbarui resume Anda. Dengan cara ini, Anda akan selalu memiliki salinan terbaru dari resume Anda untuk digunakan.

8. Bersiaplah untuk sebuah wawancara

Jangan menggunakan semua liburan Anda atau waktu cuti pribadi. Siapkan beberapa cuti cadangan sehingga ketika ada kesempatan wawancara Anda bisa mengambil cuti.

TIPS KARIER: Trik Jitu Bagi Anda yang 'Malas' Mencari Kerja

Comments