TIPS KARIER: Pacu Semangat, Beri Dukungan kepada Karyawan!

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

TIPS KARIER: Pacu Semangat, Beri Dukungan kepada Karyawan!

TIPS KARIER: Pacu Semangat, Beri Dukungan kepada Karyawan!

KEPONEWS.COM - TIPS KARIER: Pacu Semangat, Beri Dukungan kepada Karyawan! JAKARTA - Karyawan merupakan elemen vital dalam sebuah perusahaan. Untuk mempertahankan kinerja dan produktivitas karyawan, pemimpin perlu melakukan upaya untuk memastikan karyawan merasa didukung sec...

JAKARTA - Karyawan merupakan elemen vital dalam sebuah perusahaan. Untuk mempertahankan kinerja dan produktivitas karyawan, pemimpin perlu melakukan upaya untuk memastikan karyawan merasa didukung secara fisik, mental, dan emosional.

Perbedaan antara nilai karyawan dan perlakuan atasan kepada mereka menjadi hal yang berpengaruh bagi kesehatan mental karyawan.

Beberapa kalangan profesional menyebutkan, kesehatan mental dan kekuatan mental dinilai sebagai entitas yang terpisah sepenuhnya. Jikalau Anda harus fokus pada kesehatan mental Anda, Anda tidak harus memiliki mental kuat. Sebaliknya, bila Anda secara mental kuat, Anda tidak perlu melakukan apa pun untuk meningkatkan kesehatan mental.

Pada kenyataannya, kesehatan dan kekuatan mental tersambung. Mempertahankan kekuatan mental, artinya memerlukan komitmen untuk kesehatan mental. Sehingga, pemimpin yang mengabaikan pemenuhan kebutuhan kesehatan mental karyawannya, dia melewatkan untuk memiliki tim yang kuat.

Melansir Entrepreneur, berikut ialah hal yang dapat dilakukan oleh pemimpin perusahaan untuk meningkatkan kesehatan mental karyawannya:

1. Menciptakan kekeluargaan dalam perusahaan

Tindakan sederhana, seperti membuat karyawan merasa menjadi bagian dari sebuah kelompok dapat menangkal kesepian yang berujung pada kesehatan mental karyawan.

Langkah kecil seperti membuat grup untuk mendukung orang-orang yang ingin berhenti merokok, atau membuat sebuah program mentoring, sangat bermanfaat. Maka, sebagai pemimpin, sebaiknya Anda berusaha untuk membangun sebuah keluarga dalam organisasi Anda. Pastikan, bahwa karyawan Anda mendukung satu sama lain, perlakukan setiap karyawan seperti individu manusia dan bukan karena kinerja mereka.

2. Menetapkan harapan yang realistis untuk kinerja, baik maupun buruk

Pemimpin perlu memiliki target bagi setiap karyawan. Target ini sebaiknya dibarengi dengan harapan yang terang perihal indikator kinerja, baik buruk maupun baik.

Apabila pemimpin menetapkan target bagi setiap anggota tim, artinya, pemimpin memiliki akuntabilitas. Selain itu, dengan adanya target yang terukur, dapat mempertahankan fleksibilitas yang memungkinkan bagi karyawan untuk menyelesaikan targetnya, lalu mengambil waktu istirahat apabila targetnya telah tercapai.

Kehilangan karyawan, akan menimbulkan biaya pelatihan sehingga memengaruhi prognosis jangka panjang perusahaan.

Baca Juga:

BERITA REKOMENDASI


3. Berikan proses yang bermanfaat bagi calon karyawan sebanyak mereka menguntungkan Anda

Ketika bertemu dengan calon karyawan Anda, sebaiknya jelaskan visi dan misi perusahaan. Dengan membuatkan visi mana perusahaan dipimpin, pemimpin bisa memiliki gambaran wacana bagaimana karyawan tersebut akan memainkan peran dalam mencapai visi misi perusahaan.

Respons dari calon karyawan setelah pemimpin menjelaskan visi misi perusahaan, baik yang bersemangat maupun yang pada akhirnya mengurungkan minat, dapat memberikan gambaran apakah mereka akan bahagia dalam lingkungan kerja atau sebaliknya.

4. Beri dukungan karyawan di luar kantor

Sebagai seorang pemimpin, sangat mudah untuk percaya bahwa orang lain terobsesi dengan perusahaan dan bekerja untuk Anda.

Namun, mereka tidak memiliki andil dalam perusahaan pun tidak memiliki saham yang sama dengan pemilik. Menyediakan kesempatan untuk mengambil kepemilikan dari proyek atau proses dalam pekerjaan memang penting, tetapi kehidupan mereka tidak mulai dan berakhir hanya dengan kantor.

Sehingga, ketika Anda melihat peluang untuk mendukung karyawan di luar kantor, maka lakukanlah. Sehingga karyawan tidak hanya merasa sebagai pekerja tetapi juga keluarga.

Baca Juga:

5. Berikan waktu untuk membangun kekuatan fisik sambil membangun kekuatan mental

Pemimpin harus secara proaktif membangun struktur yang sehat untuk tim mereka. Kesehatan mental dan kekuatan mental tidak dibangun dalam semalam. Peran penting pemimpin ialah sebagai pendukung karyawan mereka dengan menciptakan komunitas, menetapkan harapan yang realistis, mendirikan dua arah dukungan, baik proses internal dan pengaruh luar.

Penguatan mental karyawan merupakan penting bagi pemimpin untuk memastikan bahwa perusahaan Anda akan sama kuatnya.

TIPS KARIER: Pacu Semangat, Beri Dukungan kepada Karyawan!

Comments