TIPS KARIER: Mendadak Dipecat? Ini yang Harus Anda Lakukan

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

TIPS KARIER: Mendadak Dipecat? Ini yang Harus Anda Lakukan

TIPS KARIER: Mendadak Dipecat? Ini yang Harus Anda Lakukan

KEPONEWS.COM - TIPS KARIER: Mendadak Dipecat? Ini yang Harus Anda Lakukan JAKARTA - Kebijakan perusahaan untuk memecat karyawan tentunya sangat merugikan dan mengecewakan bagi karyawan. Apabila Anda dalam posisi tersebut, maka Anda pasti merasa ingin segera hengkang dari ka...

JAKARTA - Kebijakan perusahaan untuk memecat karyawan tentunya sangat merugikan dan mengecewakan bagi karyawan. Apabila Anda dalam posisi tersebut, maka Anda pasti merasa ingin segera hengkang dari kantor dengan sejuta kekecewaan.

Namun, sebaiknya Anda tidak begitu saja pergi dari kantor setelah dipecat. Ada beberapa hal yang mesti Anda selesaikan sebelum memutuskan hubungan dengan kantor.

BERITA REKOMENDASI

Melansir The Balance, Anda perlu mencari tahu persisnya mengapa Anda diberhentikan. Selain itu, Anda juga perlu mencari tahu kompensasi yang menjadi hak Anda.

Pertanyaan yang perlu diajukan

Pekerja yang dipecat pastinya memiliki banyak pertanyaan tergantung karena pemecatan Anda, baik karena pribadi maupun profesional. Secara umum, Anda perlu mengetahui wacana pesangon, dan berita yang diberikan bagi perusahaan Anda selanjutnya. Pertanyaan tersebut sah diajukan kepada manajer Anda sebelum pergi dari kantor.

Cari tahu penyebab pemecatan

Jikalau Anda masih terlindungi dengan kontrak, maka Anda harus meminta penjelasan dengan keputusan dari manajer untuk memecat Anda. Nmaun, jangan tekerjut karena mayoritas manajer akan mengatakan bahwa ada kekurangan dalam kinerja Anda, sementara itu kantor memerlukan restrukturisasi dan efisiensi pegawai.

Peluang untuk lanjut

Setelah mendengar putusan pemecatan, namun Anda masih ingin tetap berada pada pekerjaan sekarang, tidak ada salahnya kesempatan yang diberikan dengan segala konsekuensi.

Penjelasan yang diberikan kantor, memberikan Anda kesempatan untuk menentukan tindakan selanjutnya. Selain itu juga memberi Anda wawasan untuk meningkatkan kinerja Anda pada pekerjaan selanjutnya.

Peluang mengundurkan diri

Anda juga dapat bertanya wacana peluang mengundurkan diri, daripada dipecat, untuk menghondari stigma negatif dari pemecatan. Namun, kalau Anda mengundurkan diri, artinya Anda tidak mendapatkan pesangon yang disediakan oleh manajer bagi karyawan yang dipecat.

Referensi

Kalau perusahaan menyetujui pengunduran diri, Anda dapat meminta surat rekomendasi. Perusahaan juga harus bersedia memberikan berita wacana tanggung jawab Anda di perusahaan, apabila kemudian hari berita ini diharapkan. Hal dasar yang diharapkan ialah tanggal mulai bekerja, besaran gaji, dan tanggung jawab yang Anda emban.

Memeriksa pesangon dan jatah liburan

Anda juga harus menanyakan perihal pesangon, serta kompensasi liburan yang belum terpakai. Langkah apa yang harus Anda tempuh untuk mendapatkan jatah tersebut. Termasuk dengan jaminan yang menjadi hal Anda.

Hapus file komputer

Jikalau Anda belum diberikan komputer pribadi di komputer kantor, Anda dapat meminta kesempatan untuk mengambil dokumen-dokumen penting. Pasalnya, Anda mungkin tidak diperbolehkan akses pada dokumen kantor setelah Anda berhenti

Tetap profesional

Selama percakapan yang berlangsung dengan manajer, hal terpenting merupakan menjaga emosi Anda. Jangan terpancing untuk menyerang atasan atau kolega Anda, dalam cara yang tidak profesional.

Kata-kata terakhir Anda akan selalu diingat secara formal maupun informal. Bahkan lebih baik, cobalah untuk meninggalkan kesan positif, termasuk kesan bahwa pemecatan Anda ialah suatu kesalahan.

TIPS KARIER: Mendadak Dipecat? Ini yang Harus Anda Lakukan

Comments