TIPS KARIER: 6 Tips Meminta Bantuan Tanpa Membuat Malu

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

TIPS KARIER: 6 Tips Meminta Bantuan Tanpa Membuat Malu

TIPS KARIER: 6 Tips Meminta Bantuan Tanpa Membuat Malu

KEPONEWS.COM - TIPS KARIER: 6 Tips Meminta Bantuan Tanpa Membuat Malu JAKARTA - Terkadang orang tidak memiliki keberanian untuk meminta bantuan orang lain. Beberapa orang merasa malu untuk meminta bantuan. Mereka enggan untuk membiarkan orang lain tahu bahwa mereka tid...
Loading...

JAKARTA - Terkadang orang tidak memiliki keberanian untuk meminta bantuan orang lain. Beberapa orang merasa malu untuk meminta bantuan. Mereka enggan untuk membiarkan orang lain tahu bahwa mereka tidak bisa untuk melakukan suatu hal.

Banyak alasan yang membuat orang takut untuk meminta bantuan, tetapi paling sering, terutama dalam dunia usaha yang kompetitif, kita takut seseorang akan menggunakan kelemahan kita untuk hal yang nantinya merugikan kita sendiri.

BERITA REKOMENDASI

Anda mungkin takut mengungkapkan titik-titik kelemahaan Anda akan mengubah pendapat rekan kerja Anda perihal Anda, atau bahwa Anda akan kehilangan kendali atas situasi tertentu. Terlepas dari semua ketakutan itu, justru kebanyakan orang menemukan kepuasan dalam membantu orang lain, dan senang hati membantu Anda apabila Anda memintanya dengan baik - baik.

Berikut ialah beberapa tips untuk diingat ketika Anda memutuskan untuk meminta bantuan.

1. Jujur

Cara terbaik untuk meminta bantuan merupakan memberitahu orang lain apa yang Anda butuhkan. Jujur dan percaya diri, dengan pendekatan yang sederhana tanpa menutupi maksut Anda.

2. Pilih metode terbaik

Tentukan apakah lebih baik untuk meminta bantuan secara langsung atau melalui email dan telepon. Memberikan secara langsung adlaah pilihan terbaik ketika bantuan yang Anda inginkan bersifat sensitif.

3. Lihat bahasa tubuh

Ketika Anda meminta bantuan secara pribadi, bahasa tubuh orang yang anda mintai tolong dapat mengisyaratkan jawaban mereka. Bahsa tubuh mereka dapat memberitahu Anda kalau mereka nyaman dengan permintaan Anda atau enggan untuk membantu Anda. Bila mereka tidak antusias, sebaiknya berhenti untuk meminta bantuan kepada orang tersebut.

4. Menyewa jasa bantuan

Merekrut jasa bantuan berbayar tampaknya lebih mudah dibandingkan dengan meminta bantuan seseorang. Terutama ketika Anda sulit untuk mengatasi banyak pekerjaan sendiri. Dengan mempekerjakan seseorang Anda memiliki waktu lebih untuk tugas yang lain..

5. Terbuka untuk mendapatkan bantuan

Ketika Anda dalam posisi sangat membutuhkan bantuan, maka terbukalah untuk mendapatkan bantuan tanpa merasa seolah-olah Anda harus membalas budi atau membayar utang.

6. Ucapkan terima kasih

Kalau seseorang telah membantu Anda jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih. Beritahu mereka bahwa Anda benar-benar tertolong oleh bantuannya. Menulis catatan terima kasih, menelepon, atau melakukan sesuatu sebagai bentuk terimakasih Anda.

Dengan tips di atas anda tidak perlu ragu untuk meminta bantuan apabila suatu hari Anda membutuhkannya, lakukan saja. Ingat, dengan meminta bantuan bukan berarti bahwa Anda tidak kompeten atau tidak profesional.

Itu berarti Anda merupakan orang yang kuat, percaya diri yang tidak takut untuk mengakui bahwa kadang-kadang Anda juga memerlukan bantuan dan dukungan orang lain untuk mencapai tujuan pribadi atau usaha Anda.

TIPS KARIER: 6 Tips Meminta Bantuan Tanpa Membuat Malu
Loading...

Comments