TIPS KARIER: 3 Langkah Asah Keterampilan Negosiasi Gaji

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

TIPS KARIER: 3 Langkah Asah Keterampilan Negosiasi Gaji

TIPS KARIER: 3 Langkah Asah Keterampilan Negosiasi Gaji

KEPONEWS.COM - TIPS KARIER: 3 Langkah Asah Keterampilan Negosiasi Gaji JAKARTA - Sebagai pegawai, keinginan untuk naik gaji tentu terus terbersit di kepala Anda. Namun, tidak semua orang berani melakukan negosiasi atas gaji terakhir mereka, terutama para wanita karena me...

JAKARTA - Sebagai pegawai, keinginan untuk naik gaji tentu terus terbersit di kepala Anda. Namun, tidak semua orang berani melakukan negosiasi atas gaji terakhir mereka, terutama para wanita karena mereka enggan untuk kehilangan pekerjaannya.

Banyaknya karyawan yang hanya mendapatkan gaji tanpa melakukan negosiasi, menyebabkan terjadinya kesenjangan antara para karyawan, sedikit banyak kesenjangan ini berpengaruh bagi karyawan yang mendapatkan tawaran gaji rendah. Dengan gaji lebih rendah, artinya butuh usaha lebih untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

BERITA REKOMENDASI

Tidak hanya dari sisi calon karyawan, manajer hendaknya juga harus memberikan negosiasi yang baik kepada calon karyawan. Berikut ialah tiga hal yang dapat dipelajari oleh manajer maupun calon pegawai dalam proses negosiasi gaji seperti yang dikutip dari laman entrepreneur.

Skenario 1: Awal Meminta Gaji

Bagi manajer rekrutmen karyawan baru baiknya menyebutkan range gaji yang ditawarkan perusahaan kepada calon karyawan. Kebanyakan perusahaan memberikan gaji yang berdasarkan dengan pengalaman, hal ini agak sulit bagi calon karyawan yang belum mengetahui standar gaji yang diberikan.

Dengan memberikan range, maka calon karyawan dapat membuat perkiraan dan memulai negosiasi dengan kisaran yang tepat. Dengan adanya range gaji yang ditawarkan perusahaan juga menghindari besaran gaji yang hanya berdasarkan tebakan dari calon karyawan.

Sedangkan bagi calon pekerja, jangan hanya melakukan riset berdasarkan jenis pekerjaan dan besaran gaji yang ditawarkan. Jangan sungkan untuk menanyakan kepada manajer rekrutmen, mengenai pertimbangan mereka sebelum memberikan penawaran gaji tersebut bagi Anda.

Skenario Kedua: Meminta Jadwal Kerja Paruh Waktu

Bagi manajer rekrutmen, perlu mengetahui beberapa alasan seorang karyawan meminta jadwal paruh waktu. Bisa jadi, mereka ingin menghabiskan waktu bersama keluarga atau mempunyai tanggung jawab untuk mengurus orang tua di rumah. Perusahaan sebaiknya terbuka atas pilihan tersebut selama permintaan calon karyawan sesuai dengan peraturan perusahaan, dan calon karyawan sendiri bersedia mematuhinya.

Sedangkan bagi calon karyawan, sebelum Anda bertemu dengan calon atasan Anda, baiknya mencari tahu peraturan yang telah berlaku di perusahaan. Anda dapat menanyakan kepada orang yang telah berpengalaman pada perusahaan tersebut.

Berpikirlah terbuka, Anda berada di perusahaan tersebut bukan untuk semata-mata dipekerjakan, tetapi juga memberikan kontribusi positif kepada perusahaan. Banyaklah berdiskusi dengan sahabat sejawat Anda, sehingga membuka lebih banyak peluang untuk menemukan solusi untuk pekerjaan Anda.

Skenario Ketiga: Meminta Kenaikan Gaji

Bagi manajer rekrutmen, sebaiknya melakukan evaluasi kinerja periode atas karyawan. Manajer dapat memanfaatkan tersebut untuk melakukan percakapan wacana kinerja karyawan, dan harapan manajer untuk kinerja karyawan ke depan.

Ketika manajer memberikan umpan balik secara teratur, maka karyawan akan lebih terbuka untuk melakukan percakapan wacana kenaikan gaji. Karyawan juga lebih terbuka dalam mengemukakan pendapat mereka wacana ide -ide yang dapat membangun perusahaan.

Bagi karyawan, dengan membuka perbincangan wacana kenaikan gaji maka akan membantu karyawan untuk mendapatkan hak yang setara dengan karyawan lain. Kadang karyawan berpikir bahwa kinerja mereka lebih baik dibandingkan dengan kinerja orang lain, ataupun mereka layak untuk mendapatkan gaji lebih. Dengan terbuka wacana kenaikan gaji, maka manajer dapat mengerti hal tersebut.

TIPS KARIER: 3 Langkah Asah Keterampilan Negosiasi Gaji

Comments