TIPS KARIER: 10 Insentif yang Didambakan Karyawan, dari Asuransi hingga Jaminan Pensiun

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

TIPS KARIER: 10 Insentif yang Didambakan Karyawan, dari Asuransi hingga Jaminan Pensiun

TIPS KARIER: 10 Insentif yang Didambakan Karyawan, dari Asuransi hingga Jaminan Pensiun

KEPONEWS.COM - TIPS KARIER: 10 Insentif yang Didambakan Karyawan, dari Asuransi hingga Jaminan Pensiun JAKARTA - Selain gaji, ada beberapa hal prioritas yang dipertimbangkan oleh karyawan untuk mendapatkan sebuah pekerjaan. Fakta terbaru mengungkapkan, kompensasi seperti jaminan kesehatan menjadi prior...

JAKARTA - Selain gaji, ada beberapa hal prioritas yang dipertimbangkan oleh karyawan untuk mendapatkan sebuah pekerjaan. Fakta terbaru mengungkapkan, kompensasi seperti jaminan kesehatan menjadi prioritas penting karyawan setelah besaran gaji.

Oleh karena itu, penting bagi manajer untuk mengetahui perkembangan ini. Sehingga mereka dapat memberi tawaran yang menarik bagi karyawan.

Penelitian yang dilakukan oleh Society for Human Resource Management (SHRM) dan Colonial Life mengungkapkan setidaknya ada 10 hal yang menjadi pertimbangan karyawan untuk mendapatkan sebuah pekerjaan selain besaran nominal gaji. Melansir The Balance, berikut 10 keinginan karyawan selain gaji:

1. Asuransi kesehatan

Sebuah survei mengungkapkan dalam lima tahun terakhir, perusahaan banyak meningkatkan anggaran untuk jaminan asuransi kesehatan. Sebaliknya, perusahaan makin menurunkan biaya tunjangan yang sifatnya untuk kesenangan pribadi. Artinya, makin banyak karyawan yang sadar akan pentingnya jaminan kesehatan dari perusahaan dibandingkan dengan pemberian kompensasi yang sifatnya sementara.

2. Biaya preventif

Selain memberikan asuransi kesehatan, perusahaan juga mulai untuk mengurangi biaya perawatan kesehatan dengan memberikan program yang sifatnya lebih preventif.

Cara Kerja Cerdas, Mulai dari Tidur Siang hingga Atur Suhu Ruangan!

Program tersebut mencakup perawatan kesehatan premium untuk karyawan yang tidak menggunakan produk-produk tembakau. Perusahaan mulai memberikan bonus atau insentif nontunai untuk karyawan mereka yang memiliki gaya hidup sehat.

3. Jaminan pensiun dan tabungan

Selain jaminan kesehatan, karyawan memprioritaskan kebahagiaan masa lanjut mereka setelah lepas dari pekerjaan. Oleh karena itu, jaminan pensiun dan tabungan untuk masa senja menjadi pertimbangan penting bagi karyawan.

4. Bekerja di luar kantor
Sepanjang tahun 2011 - 2014 telah terjadi peningkatan jumlah karyawan yang di bayar untuk pekerjaan di luar kantor. Kemajuan teknologi membuat komunikasi lebih mudah, sehingga karyawan pun bisa menyelesaikan tugas mereka dari luar kantor. Hal ini akan menarik untuk melihat bagaimana bekerja di luar kantor bisa mempengaruhi produktivitas kerja. Apabila pilihan tersebut terbukti lebih baik, maka perusahaan perlu mempertimbangkan kompensasi untuk pekerjaan di luar kantor.

BERITA REKOMENDASI

Pekerjaan Anda Membuat Stres? Ini Solusinya

5. Jadwal fleksibel
Karyawan ingin memiliki lebih banyak fleksibilitas dalam jadwal kerja mereka. Berbeda dengan generasi sebelumnya pekerja, karyawan muda tidak ingin bekerja mengganggu kehidupan mereka. Sebaliknya, mereka masih ingin memiliki kehidupan sosial dan keluarga di luar pekerjaan. Kecenderungan ini membuat perusahaan yang memberikan jadwal fleksibel paling diminati.

6. Pengembangan karier
Penelitian menunjukkan bahwa pengembangan karier yang disponsori oleh perusahaan mulai jarang dilakukan, karena kurangnya permintaan dari karyawan. Meskipun demikian, beberapa karyawan masih menginginkan manfaat dari pengembangan karier. Selain dari pengembangan karier, kursus dan e-Learning telah memberikan karyawan kesempatan untuk belajar keterampilan yang mereka butuhkan untuk menjadi sukses dalam pekerjaan.

7. Tunjangan perjalanan usaha
Perjalanan usaha merupakan aspek penting dari dunia kerja hari ini. Perusahaan hendaknya memberikan perhatian bagi karyawan yang mengadakan perjalanan usaha.
Karyawan perlu memastikan bahwa mereka mendapatkan tunjangan dari perjalanan usaha ini, seperti biaya pengganti dari fasilitas hotel, transportasi, hingga pulsa selama perjalanan.

TIPS KARIER: Pahami Pola Pikir Bos Dalam Mengambil Keputusan

8. Insentif tempat tinggal
Pemberian insentif kategori ini mulai berkurang diberikan semenjak 2010-2014. Padahal, tidak banyak karyawan bersedia untuk beralih tinggal mereka untuk pekerjaan baru. Insentif tempat tinggal ini dapat diberikan kepada karyawan yang bersedia untuk pindah tempat tinggal setelah mendapatkan tawaran pekerjaan.

9. Bonus
Penghargaan dalam bentuk bonus atas kinerja karyawan dapat menjadi tawaran menarik bagi calon karyawan. Bonus yang diberikan dapat meningkatkan tingkat kompetisi bagi karyawan. Pemberian insentif dalam bentuk bonus sudah mulai banyak dilakukan oleh perusahaan.

10. Program komunitas berfokus pada karyawan
Program komunitas berbasis karyawan ketika ini jarang ditawarkan bagi karyawan. Padahal, program jenis ini masih banyak didambakan oleh pekerja muda. Dengan program ini, selain menunaikan rutinitas kerja mereka, karyawan dapat menyalurkan hobi dan kesenangan mereka. Program komunitas yang sering ditemui misalnya tim olahraga, klub sosial, dan pilihan lain yang membantu karyawan untuk menjadi bagian dari masyarakat.

TIPS KARIER: 10 Insentif yang Didambakan Karyawan, dari Asuransi hingga Jaminan Pensiun

Comments