Tips Kadin bagi Pencari Kerja Agar Dilirik Perusahaan

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Tips Kadin bagi Pencari Kerja Agar Dilirik Perusahaan

Tips Kadin bagi Pencari Kerja Agar Dilirik Perusahaan

KEPONEWS.COM - Tips Kadin bagi Pencari Kerja Agar Dilirik Perusahaan JAKARTA - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menggelar kegiatan job fair dengan tema menuju tenaga kerja Indonesia yang kompetitif. Dalam acara tersebut digelar juga diskusi mengenai tenaga k...

JAKARTA - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menggelar kegiatan job fair dengan tema menuju tenaga kerja Indonesia yang kompetitif. Dalam acara tersebut digelar juga diskusi mengenai tenaga kerja dengan narasumber yang ahli dalam menyukseskan calon pekerja mendapatkan suatu pekerjaan.

Komite Tetap Kadin Bidang SDM Sektor Otomotif Miftahudin memberikan kiat sukses bagaimana calon pekerja dapat direkrut dalam job fair. Dari sisi kacamata, pertama mereka melihat isi (kompetensi) dan penampilan si calon pelamar pekerjaan.

BERITA REKOMENDASI

"Nah kedua hal itu yang harus disiapkan sebaik mungkin, supaya apa yang kita jual dalam hal positif bisa menarik bagi perekrut si perusahaan," ujarnya di Plaza Pameran Kementerian Perindustrian Jakarta, Sabtu (21/1/2017).

Kemudian hal ke dua yang wajib diperhatikan merupakan curiculum vitae (CV) atau daftar riwayat hidup. Ini sebagai pintu awal perekrut tertarik pada diri calon pekerja. Namun, Miftahudin bertanya apakah calon pekerja paham dengan CV yang dibuat.

"Kebiasaan calon pekerja kita, kita tidak pernah menyempatkan diri untuk memahami dalam pembuatan CV. Sadar atau tidak CV kita banyak yang copy paste atau ketika lihat CV sahabat bagus, langsung pakai itu,"ujarnya.

"Padahal pada hakekatnya, saya bilang CV itu pintu awal masuk. Tapi jikalau kita sendiri tidak paham dengan CV kita bagaimana ke depannya. Inilah pentingnya pencari kerja kita, supaya memahami CV sendiri, kenapa font goresan pena 12,14, kenapa di kertas HVS, dan lainnya. Intinya merupakan bagaimana bisa mengeksplor apa yang jadi kompetensi kita di dalam CV," sambungnya.

Hal selanjutnya merupakan apakah calon pekerja sudah siap setelah menaruh CV. Siap dalam artian, mendapatkan kapapun panggilan, siap interview hingga siap negosiasi gaji atau pendapatan.

"Nah, pertanyaan selanjutnya pernah gak kita mikirin, kata atau omongan apa yang harus diucapkan ketika mendapatkan telepon panggilan supaya perekrut tertarik. Pernah gak kita pelajarin itu. Terus pernah belajar bagaimana cara interview dan negosiasi gaji, tidak ada ketika ditanya berapa gaji yang kamu minta, kamu bilang sesuai perusahaan. Itu salah besar," terangnya.

Intinya, kata Miftahudi, untuk memulai memasuki duni kerja prinsip utamanya merupakan hargai waktu hargai diri untuk jadi lebih baik dari waktu ke waktu. Dengan persiapan yang matang, pasti perekrut akan tertarik dengan diri calon pekerja. (dng)

Tips Kadin bagi Pencari Kerja Agar Dilirik Perusahaan

Comments