Tips Jitu Memasak Nasi Pulen

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Tips Jitu Memasak Nasi Pulen

Tips Jitu Memasak Nasi Pulen

KEPONEWS.COM - Tips Jitu Memasak Nasi Pulen Baik itu menggunakan rice cooker, maupun panci di atas kompor.Beras adalah makanan pokok masyarakat di banyak negara, salah satunya Indonesia. Ada banyak cara untuk memasak beras. Namun, memasaknya de...

Baik itu menggunakan rice cooker, maupun panci di atas kompor.

Beras adalah makanan pokok masyarakat di banyak negara, salah satunya Indonesia. Ada banyak cara untuk memasak beras. Namun, memasaknya dengan sempurna bisa menjadi masalah tersendiri.

Jika tidak dimasak dengan waktu dan komposisi yang tepat, nasi yang dihasilkan bisa jadi terlalu matang dan lembek atau bahkan terlalu keras.

Untungnya, pengguna di Quora, sebuah situs yang memungkinkan orang untuk bertanya dan menjawab pertanyaan, telah mengungkapkan cara termudah memasak nasi dengan sempurna.

Menurut para penggunanya, menggunakan rice cooker atau penanak nasi adalah cara terbaik untuk memasak nasi. Memasak dengan rice cooker memungkinkan beras tidak menempel di bagian bawah panci.

"Ini jauh lebih mudah daripada metode lain yang sudah saya coba," ucap Cliff Chang, dikutip dari Indian Express.

Yang perlu dilakukan adalah mencuci beras, tambahkan air sampai garis air dua kali lebih tinggi dari beras dan nyalakan rice cooker. Sementara itu jumlah waktu menanak nasi bervariasi tergantung pada merk rice cooker dan jenis beras yang dimasak.

Pengguna lain, Susan Shao juga memberikan beberapa saran tentang cara memasak nasi dengan rice cooker.

"Bila menggunakan rice cooker, saya ikuti langkah-langkah yang tertera di petunjuk penggunaan dan beras selalu matang dengan sempurna, katanya.

Caranyabervariasi tergantung kebutuhan. Seperti saat dirinya membuat sushi. Menurutnya, jika tidak membuat beras untuk sushi, cuci beras dan bilas dengan air dingin menggunakan tangan. Kemudian buat gerakan memutar sebanyak tiga kali. Jika ingin membuat nasi sushi, ulangi proses ini hingga 10 kali.

"Ketika memasukkan beras, aturan umum yang digunakan secara praktis adalah setengah cangkir beras per orang, ujarnya lagi.

Jika tidak memiliki rice cooker, jangan takut. Pengguna lain, Jireh Tan memiliki tips tentang cara untuk memasak nasi dalam panci. Langkah pertama tentu dengan mencuci beras. Jireh merekomendasikan menggunakan rasio beras dan air 1:1,5.

Caranya dengan memasak air hingga mendidih dan mendidihkan beras dengan panci dalam keadaan terbuka selama dua menit

"Tutup panci, atur api menjadi ke serendah mungkin. Didihkan selama delapan menit, ucapnya menjelaskan.

"Angkat panci yang masih dalam keadaan tertutup, Diamkan selama 15 menit. Buka tutupnya, sehingga kelebihan air bisa menguap, katanya menambahkan.

Untuk memastikan bahwa beras tidak gosong dan menempel di bagian bawah panci ketika sedang memasak, Jireh mengatakan bahwa tutup panci tidak harus dibuka karena akan memungkinkan uap dan kelembapan menjadi hilang.

Tips Jitu Memasak Nasi Pulen

Comments