Tips Jaga Kebersihan saat Terima Makanan Pesan Antar

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Tips Jaga Kebersihan saat Terima Makanan Pesan Antar

Tips Jaga Kebersihan saat Terima Makanan Pesan Antar

KEPONEWS.COM - Tips Jaga Kebersihan saat Terima Makanan Pesan Antar DI masa pandemi covid-19 ini semua orang harus menjaga kebersihan segala hal, termasuk makanan pesan antar. Makanan pesan antar sendiri kini menjadi salah satu solusi praktis untuk memenuhi kebutuhan...

DI masa pandemi covid-19 ini semua orang harus menjaga kebersihan segala hal, termasuk makanan pesan antar. Makanan pesan antar sendiri kini menjadi salah satu solusi praktis untuk memenuhi kebutuhan asupan. Tapi ada hal-hal penting yang harus diperhatikan demi menjaga kesehatan dan kebersihannya

Dokter spesialis gizi klinik Ida Gunawan MS SpGK (K) mengatakan saat mendapatkan pesan antar makanan yang dibungkus dengan plastik, langkah pertama yang dilakukan ialah mencuci tangan usai melepas plastik pembungkus dan membuangnya.

Puasa Tidak Pengaruhi Kekebalan Tubuh saat Vaksinasi Covid-19

"Kalau setiap makanan yang dikirim dan dibungkus plastik, segera lepas plastik dan dibuang. Kemudian cuci tangan kembali dengan bersih sebelum akhirnya membuka bungkus dari makanan tersebut," kata pengajar Program Studi S-2 dan Program Pendidikan Spesialis Gizi Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) ini, seperti dinukil dari Antara, Senin (19/4/2021).

Cucilah tangan dengan air dan sabun, lalu bilas dan keringkan. Selain sabun, cuci tangan juga bisa dilakukan dengan pembersih berbahan dasar alkohol.

Ilustrasi makanan pesan antar.

Setidaknya butuh waktu 20 detik untuk mencuci tangan. Basahi tangan, gosok dengan sabun hingga merata. Gosok pula area di antara jari, punggung tangan dan ujung jari lalu bilas dengan air, lalu keringkan.

Bila ada orang yang ingin menghangatkan makanan dari layanan pesan antar dengan alasan mengurangi risiko masalah kesehatan, Ida memaparkan hingga saat ini belum ada keterangan ataupun bukti penelitian yang mengaitkan transmisi covid-19 dapat ditularkan lewat makanan.

Anaknya Kena Covid-19, Ini Protokol Karantina Mandiri yang Harus Dilakukan Nia Ramadhani

Meski demikian, dr Ida mengatakan menjaga kebersihan dengan cara mencuci tangan tetap harus diterapkan ketika mendapatkan makanan dari luar rumah.

Ia mengatakan, menghangatkan makanan yang sudah dingin karena menghabiskan waktu dalam perjalanan boleh-boleh saja agar pengalaman makan jadi lebih nikmat.

"Tapi kalau menghangatkan jadi salah satu faktor mengurangi risiko transimisi covid-19, sampai saat ini belum ada buktinya," pungkasnya.

(han)

Comments