Tips Hemat Kuota Internet dengan HP Oppo

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Tips Hemat Kuota Internet dengan HP Oppo

Tips Hemat Kuota Internet dengan HP Oppo

KEPONEWS.COM - Tips Hemat Kuota Internet dengan HP Oppo Fasilitas Mobile Data Limit di HP Oppo Reno4 F. (Oppo Indonesia) Kebijakan bekerja, sekolah, kuliah dari rumah selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membuat kebutuhan akses dan kuota internet...

Fasilitas Mobile Data Limit di HP Oppo Reno4 F. (Oppo Indonesia)

Kebijakan bekerja, sekolah, kuliah dari rumah selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) membuat kebutuhan akses dan kuota internet makin meningkat. Karena makin banyak kegiatan offline yang beralih ke online.

Kebutuhan masyarakat di saat pandemi pun kini semakin meningkat seiring dengan aktivitas kerja dan sekolah yang harus dilakukan dari rumah. Tidak hanya kebutuhan terhadap perangkat digital seperti laptop, tablet atau smartphone namun masyarakat juga memerlukan akses internet yang lancar.

Konsumsi akses internet yang meningkat pesat memang tidak terhindarkan di kala pandemi seperti sekarang ini. Bukan hanya untuk melakukan pekerjaan dan sekolah secara daring, namun gaya hidup masyarakat saat ini yang mengarah ke digital lifestyle akhirnya menuntut kuota internet tanpa henti.

Sebagai contoh, pola konsumsi tontonan secara streaming kini telah terjadi di masyarakat. Perilaku menikmati tontonan melalui televisi secara gratis kini mulai beralih ke tontonan berbayar yang bisa diakses melalui perangkat mobile dan memerlukan kuota data cukup besar.

Seperti diungkap dari Hasil Survei Sosial Demografi Dampak COVID-19 2020 yang dilakukan Badan Pusat Statistik (BPS), terjadi peningkatan penggunaan internet setelah penerapan kebijakan work from home (WFH).

Oppo Reno4 F. (Oppo Indonesia)Oppo Reno4 F. (Oppo Indonesia)

Sebanyak 56,55 persen responden mengaku, kebutuhan mereka terhadap pulsa untuk internet bertambah setelah pandemi. Penambahan kebutuhan ini secara tidak langsung juga memberikan kontribusi terhadap konsumsi data yang sangat besar.

Apabila tidak dikendalikan, pola konsumsi data ini akan terus menguras habis dompet konsumen. Beberapa operator telekomunikasi di tanah air telah menyediakan paket data internet dengan tarif terjangkau untuk meringankan beban masyarakat khususnya untuk aktivitas Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Namun alangkah baiknya kalau kita turut mengendalikan penggunaan kuota data internet pada perangkat smartphone.

Tidak banyak perangkat ponsel cerdas yang dapat melakukan pengendalian terhadap kuota data internet. Produk terbaru Oppo, Reno4 F dapat menjadi pilihan jitu dikarenakan telah menyediakan fasilitas untuk menghemat kuota internet.

Pengguna HP Oppo hanya membutuhkan pengaturan singkat dan cepat untuk bisa menghemat kuota internet untuk bekerja dan belajar dari rumah saja.

Caranya, pengguna masuk ke menu pengaturan atau Settings, kemudian memilih opsi kartu SIM & data seluler (SIM Card & Mobile Data). Pada bagian bawah terdapat pilihan penggunaan data (Data Usage). Setelah masuk, pengguna dapat melakukan limitasi pemakaian data seluler di bagian Mobile Data Limit.

Fitur Mobile Data Limit di HP Oppo Reno4 F. (Oppo Indonesia)Fasilitas Mobile Data Limit di HP Oppo Reno4 F. (Oppo Indonesia)

Di sana, pengguna dapat melakukan penyesuaian terhadap limit data bulanan (Set monthly data limit) dan juga dapat mengaktifkan fasilitas notifikasi (Set monthly data warning) yang memberitahukan saat pemakaian data hampir mencapai limit yang diberikan.

Selain itu, pengguna juga diberikan mode hemat daya melalui Data Saving. Apabila fasilitas ini diaktifkan, maka software yang bekerja pada latar belakang (background) seperti e-mail, Instant Messaging, dan software jejaring sosial tidak dapat memakai kuota data. Sementara software yang aktif di depan (foreground) dapat diatur untuk melakukan penghematan data misalnya untuk mengurangi resolusi gambar.

Ketika fasilitas ini aktif, maka akan muncul ikon Data Saving di status bar pada bagian atas layar. Pengguna juga tidak bisa memakai fungsi network tethering atau menyebarkan koneksi internet Wi-Fi dari smartphone.

Di era yang membuat digitalisasi harus dilakukan karena adanya pembatasan karena pandemi, kita harus secara cerdas dalam mengatur banyak sekali pengeluaran, termasuk dalam pembelian paket data.

Dengan bijak berhemat kuota internet melalui perangkat seperti HP Oppo Reno4 F, kita tetap bisa terhubung dengan sesama sekaligus nyaman berkegiatan daring seperti sekolah atau rapat.

Comments