Tips Hasilkan Foto Low Light Terbaik Hanya Bermodalkan Smartphone

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Tips Hasilkan Foto Low Light Terbaik Hanya Bermodalkan Smartphone

Tips Hasilkan Foto Low Light Terbaik Hanya Bermodalkan Smartphone

KEPONEWS.COM - Tips Hasilkan Foto Low Light Terbaik Hanya Bermodalkan Smartphone Bila dibandingkan dengan perangkat lainnya seperti kamera DSLR dan kamera mirrorless, berfoto memakai smartphone jauh lebih sering digunakan masyarakat. Alasannya pun beragam, mulai dari kemudahan mem...

Bila dibandingkan dengan perangkat lainnya seperti kamera DSLR dan kamera mirrorless, berfoto memakai smartphone jauh lebih sering digunakan masyarakat. Alasannya pun beragam, mulai dari kemudahan memotret memakai smartphone, sampai tak perlu repot lagi membawa kamera tambahan.

Walaupun begitu, ada satu aspek yang selalu menjadi momok bagi mereka yang hobi berfoto memakai smartphone. itu merupakan foto dalam kondisi low light alias kondisi minim cahaya. Keadaan ini biasanya mereka hadapi ketika berfoto di malam hari, atau ketika berfoto di dalam ruangan yang minim cahaya.

Foto yang dihasilkan pun biasanya jauh dari kata memuasakan. Foto terlihat banyak noise, tak tajam, bahkan sampai blur.

Kalau kejadian di atas tak ingin terjadi lagi, banyak hal yang bisa dilakukan untuk hasilkan foto terbaik saat low light dengan hanya bermodalkan smartphone saja. Dilansir dari banyak sekali sumber, berikut tips yang bisa dilakukan berfoto saat low light.

Mode Profesional

Mode professional jadi salah satu mode wajib untuk bisa menghasilkan foto terbaik dalam keadaan low light. Pada mode ini atur sedemikian rupa ISO, yang mengatur sensitifitas yang dimiliki sensor terhadap cahaya; Shutter Speed, untuk mengatur seberapa cepat shutter terbuka dan menutup; dan Aperture, untuk mengatur diameter lensa yang terbuka, dan sebanyak apa cahaya yang masuk.

Agar hasil lebih baik lagi, pastikan memotret dalam mode RAW, dan pastikan juga shutter speed serendah mungkin sehingga objek tetap fokus.

Stabil Ketika Memotret

Walaupun smartphone yang dimiliki telah mempunyai teknologi stabilizer, pastikan untuk selalu memegang smartphone secara stabil. Kalau hal ini tak memungkinkan, memakai tripod untuk smartphone bisa jadi solusi yang tepat agar bisa menghasilkan foto low light terbaik.

Gunakan Cahaya

Cahaya yang ada pada lingkungan tempat memotret, walaupun sedikit bisa membawa perubahan besar dalam foto yang diambil. Oleh alasannya adalah itulah, ketika memotret dalam keadaan low light, pastikan untuk manfaatkan sebaik mungkin cahaya tersebut sehingga membuat subjek yang diambil mempunyai nuansa berbeda dari sekadar foto biasa.

Gunakan Night Mode

Ini kelebihan yang dimiliki smartphone kalau dibandingkan gadget lainnya. Memakai Night Mode, berfoto pun terasa sangat mudah tanpa perlu susah-susah mengatur setting kamera terlebih dahulu. Oleh karena itulah, mode ini sangat disukai para fotografer pemula, masyarakat biasa yang ingin menghasilkan foto terbaik.

Pada beberapa smartphone, mode fotografi ini punya beragam nama. Misalnya pada smartphone vivo V17 Pro, mode ini disebut Super Night Mode.

SPG saat mencoba berselfie menggunakan vivo V17 Pro disela-sela peluncurannya di Hotel Sheraton, Gandaria City, Jakarta Selatan, Senin (23/9/2019). Vivo V17 Pro di Indonesia akan dibanderol dengan harga Rp 5.699.000. Vivo sendiri sudah menggelar pre-order smartphone ini mulai 23 hingga 30 September 2019 di gerai resmi Vivo, baik offline dan online yang ada di sejumlah platform e-commerce di Indonesia. Tribunnews/Jeprima SPG saat mencoba berselfie memakai vivo V17 Pro disela-sela peluncurannya di Hotel Sheraton, Gandaria City, Jakarta Selatan, Senin (23/9/2019). Vivo V17 Pro di Indonesia akan dibanderol dengan harga Rp 5.699.000. Vivo sendiri sudah menggelar pre-order smartphone ini mulai 23 hingga 30 September 2019 di gerai resmi Vivo, baik offline dan online yang ada di sejumlah platform e-commerce di Indonesia. Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/JEPRIMA)

Mengandalkan kamera belakang 48MP dengan aperture f/1,8, smartphone ini bisa menghasilkan foto low light yang jernih dengan beragam fasilitas seperti super wide-angle, yang sudut foto jadi lebih luas; bokeh, yang membuat latar belakang jadi blur dan terlihat artistik; dan super macro, yang berfungsi untuk menampilkan foto dengan objek yang sangat mendetail.

Coba dan Menangkan

Tak sabar ingin mencoba banyak sekali tips berfoto saat low light di atas? Selain mempraktekannya, untuk melihat sebagus apa foto low light yang kamu ciptakan, jangan lewatkan untuk berpartisipasi pada Wondernight Indonesia V17 Pro Photo Competition yang memperebutkan hadiah puluhan juta rupiah dan perangkat vivo V17 Pro.

Bagi yang berminat, kompetisi ini bisa diikuti hingga tanggal 20 Oktober 2019 dengan hanya mengunjungi situs www.vivosmartphone.id/wondernightindonesia, kemudian unggah hasil foto low light photography yang dimiliki.

Nantinya 20 karya terbaik akan dipilih secara langsung oleh Didi Kaspi Kasim (Editor in Chief National Geographic Indonesia), Arbain Rambey (Fotografer Senior), Rahmad Azhar Hutomo (Fotografer National Geographic Indonesia), serta Fachryansyah Farandy (Digital & PR Director vivo Indonesia).

20 orang tersebut nantinya akan berkesempatan untuk merasakan pengalaman memotret memakai vivo V17 Pro, dan yang paling membanggakan karyanya akan dipamerkan pada Wondernight Indonesia Photo Exhibition yang akan berlangsung di Jakarta.

Penulis: Firda Fitri Yanda

Comments