Tips Foto Landscape agar Tampak Lebih Menarik

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Tips Foto Landscape agar Tampak Lebih Menarik

Tips Foto Landscape agar Tampak Lebih Menarik

KEPONEWS.COM - Tips Foto Landscape agar Tampak Lebih Menarik JAKARTA - Ketika memotret landscape, terkadang apa yang difoto tak seindah dengan apa yang dilihat. Kemungkinan, hal tersebut dikarenakan kurangnya pemahaman akan teori dan trik fotografi.Namun Anda t...
Loading...

JAKARTA - Ketika memotret landscape, terkadang apa yang difoto tak seindah dengan apa yang dilihat. Kemungkinan, hal tersebut dikarenakan kurangnya pemahaman akan teori dan trik fotografi.

Namun Anda tak perlu khawatir, seorang fotografer asal Berlin, Jerman, bernama Jonathan Davison telah menjelaskan trik dan tipsnya selama memotret pemandangan atau landscape.

BERITA REKOMENDASI

Semuanya terangkum dalam ulasan di Peta Pixel yang dikutip pada Minggu (12/2/2017) berikut ini:

Foto Ikonik

Ketika merencanakan perjalanan ke suatu tempat, hendaknya Anda selalu memiliki contoh foto yang menjadi ciri khas dari tempat yang akan dikunjungi. Misalnya, kota Surabaya dengan ikon Tugu Buaya dan Hiu, serta Jakarta dengan Monumen Nasional.

Dari semua hasil pencarian foto ikonik tersebut, Anda pastinya akan menemukan beberapa angle foto yang terlihat menarik. Cobalah untuk meniru, kemudian ciptakan hasil foto Anda sendiri.

Tonjolkan Warna

Selain karena kontur, foto landscape juga akan tampak lebih menarik kalau memiliki warna yang menonjol. Agar menghasilkan tone warna yang lebih kontras, Anda dapat melakukan proses editing menggunakan software maupun bantuan filter pada lensa kamera.

Hindari Penggunaan HDR

Efek high dynamic range (HDR) memang dapat menghasilkan foto yang lebih terang serta detail. Namun bagi Davison, ia lebih memilih untuk menghindarinya.

Menurutnya, efek HDR dapat membuat foto terlihat tak alami. Selain itu, hasilnya pun tak selalu akurat.

Perhatikan Posisi Objek

Agar foto tampak lebih dinamis, Davison menyarankan objek utama yang akan dipotret tidak berada di tengah-tengah. Ia juga kerap menambahkan unsur manusia di setiap foto landscape miliknya.

Karena, dengan keberadaan manusia, seseorang yang melihat foto tersebut akan dapat merasakan suasana di tempat itu. Unsur tersebut juga dapat digunakan untuk penyekalaan.

Bersabar

Hal dasar dari memotret pemandangan merupakan bersabar. Dengan menikmati suasana sekitar selama beberapa ketika, dapat memberikan kesempatan kepada Anda untuk berpikir mengenai angle dan komposisi yang tepat ketika memotret pemandangan.

Tips Foto Landscape agar Tampak Lebih Menarik

Comments