Tips Dokter agar Tak Bau Mulut saat Puasa

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Tips Dokter agar Tak Bau Mulut saat Puasa

Tips Dokter agar Tak Bau Mulut saat Puasa

KEPONEWS.COM - Tips Dokter agar Tak Bau Mulut saat Puasa Mulut kering karena berpuasa seharian selama berpuasa di bulan Ramadan, jadi salah satu pemicu munculnya masalah bau mulut. Maka dari itu, agar tak bau mulut dan tetap percaya diri menjalankan aktivit...

Mulut kering karena berpuasa seharian selama berpuasa di bulan Ramadan, jadi salah satu pemicu munculnya masalah bau mulut.

Maka dari itu, agar tak bau mulut dan tetap percaya diri menjalankan aktivitas keseharian. Kita wajib tahu bagaimana tip agar mulut tetap segar dan jauh dari bau mulut menganggu. Mewarta Gulftoday, mari simak ulasan tips dari dokter ortodontis berikut ini.

hindari minuman berkafein

1. Perhatikan asupan minuman

Disarankan oleh Dr Khalid Alameri, Consultant Orthodontist dan kepala Dental Clinic, selama berpuasa kita harus menghindari garam, kafein, dan diuretik selama di jam saat tak berpuasa. Tujuannya agar mulut tak kering yang bisa memicu perkembangan bakteri mulut, penyebab utama bau mulut, gigi berlubang, dan penyakit gusi.

2. Sikat gigi

Trik paling mudah, ialah dengan rajin menyikat gigi setiap setelah santap sahur dan usai berbuka. Tapi tak hanya cukup dengan menyikat gigi, biasakan juga untuk langsung floss gigi usai sahur dan buka puasa. Selama jam berpuasa, bisa bersihkan mulut dengan memakai tonguescraper, miswak dan membilas mulut dengan air atau obat kumur. Dokter Khalid menyarankan untuk gunakan probiotik oral untuk mengisi kembali bakteri sehat yang mungkin hilang melalui penggunaan obat kumur yang terlalu banyak dan saat berbuka puasa.

3. Perhatikan asupan makanan

Dokter Shifa Saleem, ahli bedah gigi menyarankan untuk sangat memperhatikan asupan makanan, terutama makanan manis terutama dengan tekstur lengket, contohnya cokelat dan kismis. Semakin lama gula bersentuhan dengan gigi, maka semakin banyak kerusakan yang akan ditimbulkan oleh gula tersebut.

Alih-alih mengemil makanan manis yang lengket, ganti kudapan Kamu dengan keju mozzarella atau keju lainnya, kacang tanah, yoghurt, susu, dan permen karet bebas gula (terutama yang mengandung xylitol) yang baik untuk gigi. Jenis kudapan ini, disebutkan bisa membantu membersihkan mulut dari gula berbahaya dan melindungi dari plak.

4. Tidak makan sebelum tidur

Dokter Shifa mengingatkan untuk menghindari kebiasaan ngemil sebelum tidur, karena makanan yang tertinggal di gigi lebih cenderung menyebabkan gigi berlubang di malam hari. Ditambah lagi, produksi air liur menurun saat kita tidur, sehingga air liur tidak membersihkan mulut dengan baik saat jam tidur.

(DRM)

Comments