Tips Cegah Risiko Kerentaan, Lansia Sehat dan Bahagia

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Tips Cegah Risiko Kerentaan, Lansia Sehat dan Bahagia

Tips Cegah Risiko Kerentaan, Lansia Sehat dan Bahagia

KEPONEWS.COM - Tips Cegah Risiko Kerentaan, Lansia Sehat dan Bahagia Menjaga kesehatan orang lanjut usia (lansia) memang menjadi tugas semua masyarakat. Sebagai kaum generasi muda, sudah sepantasnya Kamu mengurus dan mengasuh para lansia yang memang memerlukan kebutuha...
Loading...

Menjaga kesehatan orang lanjut usia (lansia) memang menjadi tugas semua masyarakat. Sebagai kaum generasi muda, sudah sepantasnya Kamu mengurus dan mengasuh para lansia yang memang memerlukan kebutuhan khusus.

Salah satu langkah yang bisa Kamu terapkan dimulai dalam lingkungan kelurga merupakan melakukan deteksi sedini mungkin terhadap penyakit yang diderita lansia. Bila tidak, maka akan sangat sulit untuk mengembalikan penyakit tersebut. Tentunya setiap penyakit mempunyai tingkatan tersendiri dan setiap spektrum kerentaan mempunyai cara tersendiri untuk mengatasinya.

kalau seseorang masih merasa sehat, maka tidak ada salahnya untuk melakukan pengecekan tubuh (medical check-up). Pasalnya beberapa penyakit degeneratif memang tidak terasa gejalanya, contohnya ialah darah tinggi. Namun, jikalau penyakit tersebut sudah masuk ke dalam kategori Pre-Frail (setengah bergantung pada orang lain) atau Frail (ketergantungan total), maka harus dirawat dengan baik dan selalu melakukan kontrol kesehatan.

lansia periksa

Hal ini pun dibenarkan oleh Ketua PERGEMI, Dr. dr. Siti Setiati SpPD-Kger, M.Epid, setiap spektrum kerentaan memang mempunyai penanganan yang berbeda beda. Namun, semuanya bisa dilakukan dengan mengambil tindakan pencegahan. Dalam kesempatan itu pun dr. Siti memberikan beberapa tahapan yang bisa diambil untuk melakukan pencegahan demi menghindari hal yang tidak diinginkan di usia tua.

"Tindakan preventif ialah dengan selalu menjaga kesehatan. Selain itu melakukan perlindungan spesifik seperti rajin berolahraga dan mengatur pola makan yang sehat. Melakukan diagnosis dini dan tatalaksana pengobatan yang baik dan benar, melakukan pencegahan terhadap semua potensi yang bisa menyebabkan kecacatan dan rehabilitasi apabila memungkinkan," terang dr. Siti, dalam sesi konferensi pers di gedung Kemenkes RI, Kamis (4/7/2019).

Tak hanya itu, dr. Siti juga mengimbau para lansia untuk aktif melakukan aktivitas fisik. Tentunya berbeda dengan aktivitas fisik bagi para anak muda.

Selanjutnya
Loading...

Comments