[Tips] Cara Reset PC dengan OS Windows 10

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

[Tips] Cara Reset PC dengan OS Windows 10

[Tips] Cara Reset PC dengan OS Windows 10

KEPONEWS.COM - [Tips] Cara Reset PC dengan OS Windows 10 Bila sebuah PC (desktop atau laptop) digunakan untuk menemani aktivitas sehari-hari, tentunya ada saatnya Kamu menemui beberapa masalah yang membuatnya berjalan tidak seperti sedia kala. Misalnya perf...
Loading...

Bila sebuah PC (desktop atau laptop) digunakan untuk menemani aktivitas sehari-hari, tentunya ada saatnya Kamu menemui beberapa masalah yang membuatnya berjalan tidak seperti sedia kala. Misalnya performa yang mulai menurun atau bahkan mulai munculnya pesan error ketika melakukan pekerjaan tertentu.

[Tips] Cara Reset PC dengan OS Windows 10 11

Melakukan reset merupakan cara yang cukup optimal untuk mengembalikan kinerja PC seperti semula, asalkan yang bermasalah bukan dari segi hardware. Nah, untuk Kamu yang memakai sistem operasi Windows 10, berikut kami sajikan langkah-langkah untuk melakukan Reset pada desktop atau laptop Kamu:

1. Masuk ke Settings. Kamu bisa menemukannya melalui menu Start.

2. Pilih Update & Security.

3. Pada deretan panel di sebelah kiri, pilih Recovery.

4. Kamu akan menjumpai tiga opsi utama, antara lain Reset This PC, Go Back to an earlier build, dan Advanced startup.

[Tips] Cara Reset PC dengan OS Windows 10 12

Sebelum lanjut ke langkah selanjutnya, kami akan jelaskan sedikit apa perbedaan dari ketiga opsi tersebut. Reset This PC ialah pilihan yang paling ideal untuk membuat komputer Kamu menjadi fresh kembali. Opsi ini memungkinkan Kamu untuk tetap menyimpan file pribadi yang ada (seperti dokumen, foto, atau video) atau menghapus semuanya. Setelah itu, Windows akan di-install ulang.

Go back to an earlier build dirancang untuk Windows Insiders yang ingin mengembalikan sistem operasi ke versi sebelumnya. Sementara Advanced startup merupakan opsi untuk melakukan booting dengan recovery USB drive atau DVD.

See also

Microsoft Surface Hub 2S: Layar Sentuh 85 Inci untuk Menunjang Kerja Tim 10

5. Kalau Kamu hanya ingin reset standar, pilih Get Started di bawah opsi Reset this PC.

6. Akan muncul pilihan Keep my files dan Remove Everything. Pilih mana yang sesuai dengan kebutuhan Kamu. Perlu diketahui bahwa apapun opsi yang Kamu pilih, keduanya akan mengembalikan settings ke default dan semua software yang sudah Kamu install akan terhapus.

7. Bila Kamu memilih Remove everything, akan muncul lagi pilihan Just remove my files atau Remove files and clean the drive. Apabila Kamu berencana memberikan laptop yang Kamu gunakan ke orang lain (misalnya ke rekan kerja atau untuk anggota keluarga), sebaiknya pilih Remove files and clean the drive. Waktu pengerjaannya memang lebih lama, tapi semua file dipastikan terhapus dan tidak mungkin bisa diakses kembali oleh orang yang akan memakai laptop tersebut.

8. Setelahnya tinggal ikuti panduan yang tampil di layar. Pilih Next, lalu pilih Reset, dan terakhir klik Continue.

Bagaimana? Cukup mudah, kan? Melakukan reset pada komputer memang sesekali diharapkan untuk menjaga kinerja tetap optimal. Atau seperti yang kami jelaskan di atas, cara ini sekaligus memastikan tidak ada data-data pribadi Kamu yang tertinggal ketika ingin memberikan perangkat tersebut ke orang lain.

Comments