[Tips] Cara Mudah Cek Burn-In di TV atau Monitor OLED

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

[Tips] Cara Mudah Cek Burn-In di TV atau Monitor OLED

[Tips] Cara Mudah Cek Burn-In di TV atau Monitor OLED

KEPONEWS.COM - [Tips] Cara Mudah Cek Burn-In di TV atau Monitor OLED TV atau monitor dengan panel layar OLED memang tengah menjadi tren saat ini. Tapi, apakah Kamu tahu jikalau panel layar OLED bisa menimbulkan burn-in? Burn-in ialah sebuah istilah yang menggambarkan...
Loading...

TV atau monitor dengan panel layar OLED memang tengah menjadi tren saat ini. Tapi, apakah Kamu tahu jikalau panel layar OLED bisa menimbulkan burn-in?

[Tips] Cara Mudah Cek Burn-In di TV atau Monitor OLED 1

Burn-in ialah sebuah istilah yang menggambarkan hadirnya noda hitam atau jejak gambar di panel layar TV OLED Kamu. Pada dasarnya burn-in bisa timbul karena gambar yang terus muncul di layar dalam jangka waktu lama. Gambar tersebut akan meninggalakan jejak noda di layar berupa bayangan atau noda hitam, jadi meskipun Kamu memutar konten lain jejak gambar tersebut akan terus terlihat meski samar-samar.

Kendati demikian, permasalahan ini memang relatif jarang sekali terjadi. Tapi perlu diketahui efek burn-in bisa terjadi pada siapa saja yang memakai TV atau monitor dengan panel OLED. Lalu bagaimana cara untuk mengetahui TV atau monitor OLED terjangkit burn-in atau tidak?

Untuk mengetahuinya bisa dilakungan dengan sangat cepat dan mudah lewat tools yang bernama Burn-in Checker dari Samsung. Kabar baiknya, Burn-In Checker ini hanya berupa video dan telah tersedia di akun resmi Youtube Samsung.

Kamu hanya perlu memutar video tersebut untuk melihat apakah ada burn-in di panel layar TV atau monitor OLED. Video tersebut akan menampilkan gambar statis berwarna merah selama beberapa detik. Bila Kamu menemukan bintik-bintik gelap seperti yang ditunjukkan video di atas, maka bisa dipastikan panel TV atau monitor OLED Kamu mempunyai burn-in.

Setelah mengetahui burn-in terjadi di panel layar, langkah selanjutnya memang tidak banyak yang bisa dilakukan. Kamu bisa mengganti panel layar dengan membawanya ke service center terdekat, atau kalau tidak menggangu bisa dibiarkan saja sambil menabung untuk meminang TV baru.

Renhard Harjantohttps://www.yangcanggih.com

Menulis perihal gadget semenjak tahun 2011, Renhard amat gandrung dengan banyak sekali teknologi tercanggih, mulai dari smartphone, tablet, komputer, hingga fotografi dan videografi.

Comments