[Tips] Cara Menggunakan Focus Mode di Android 10

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

[Tips] Cara Menggunakan Focus Mode di Android 10

[Tips] Cara Menggunakan Focus Mode di Android 10

KEPONEWS.COM - [Tips] Cara Menggunakan Focus Mode di Android 10 .Android 10 meerupakan sistem operasi terbaru dari Google yang sudah mulai tersedia di beberapa smartphone masa kini. Meski tingkat adopsinya belum banyak, sederet brand ternama sudah memastikan akan...

.Android 10 meerupakan sistem operasi terbaru dari Google yang sudah mulai tersedia di beberapa smartphone masa kini. Meski tingkat adopsinya belum banyak, sederet brand ternama sudah memastikan akan langsung meluncurkan produk anyarnya dengan OS ini. Bahkan, perangkat dengan Android 9.0 Pie ada yang siap mendapatkan update dalam waktu dekat.

[Tips] Cara Menggunakan Focus Mode di Android 10 11

Nah, salah satu fasilitas menarik yang dihadirkan oleh Android 10 ialah Focus Mode. Bagi yang belum tahu, Focus Mode ialah bagian dari Google Digital Wellbeing yang berfungsi untuk menghentikan sementara software yang berpotensi mengganggu konsentrasi, misalnya sosmed atau software pesan instan seperti WhatsApp.

Dengan Focus Mode Kamu tidak akan mendapatkan notifikasi dari aplikasi-aplikasi tersebut, sehingga Kamu bisa lebih berkonsentrasi saat mengerjakan sesuatu atau bahkan untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Perlu diketahui bahwa Focus Mode berbeda dengan Do Not Disturb yang mengatur ponsel secara keseluruhan ke mode silent.

Focus Mode dapat diaktifkan secara manual maupun dijadwalkan di waktu tertentu saja, misalnya saat Kamu sedang di kantor, kuliah/sekolah, atau sedang beribadah. Kamu juga bisa beristirahat sejenak dari aktivitas serius yang sedang Kamu kerjakan, dan menyalakan kembali notifikasi selama 5, 10, atau 30 menit saja.

Yuk, langsung saja simak cara memakai Focus Mode di Android 10:

1. Masuk ke Settings.

2. Pilih Digital Wellbeing & Parental Controls.

3. Pada bagian Ways to Disconnect Kamu akan menemukan Focus Mode.

[Tips] Cara Menggunakan Focus Mode di Android 10 12

See also

[Hands-On] Kesan Pertama Mencoba OPPO Reno2 F 10

4. Tap Focus mode, lalu pilih software mana saja yang ingin Kamu masukkan ke mode ini.

5. Pilih Turn On Now.

[Tips] Cara Menggunakan Focus Mode di Android 10 13

6. Bila Kamu sedang beristirahat dan ingin mengaktifkan kembali semua notifkasi, pilih Take A Break lalu tentukan durasi waktu yang diinginkan.

Bagaimana? Mudah, kan? Sekadar mengingatkan kembali, Focus Mode akan tersedia pada semua smartphone yang sudah mengadopsi Android 10. Di Indonesia saat ini sudah ada beberapa produk yang dibekali OS anyar tersebut, misalnya Samsung Galaxy A51 dan Galaxy A71. Sederet smartphone dari OPPO maupun realme yang dirilis tahun 2019 lalu pun dijanjikan akan mendapatkan update. Selamat mencoba!

Comments