Tips Buka Puasa Anti Kalap Ala Desainer Jenahara

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Tips Buka Puasa Anti Kalap Ala Desainer Jenahara

Tips Buka Puasa Anti Kalap Ala Desainer Jenahara

KEPONEWS.COM - Tips Buka Puasa Anti Kalap Ala Desainer Jenahara Kebiasaan yang memang terjadi saat berbuka puasa merupakan memakan semua makanan yang tersaji di meja makan. Hal ini dianggap wajar bagi sebagian orang karena seharian berpuasa. Padahal anggapan terse...

Kebiasaan yang memang terjadi saat berbuka puasa merupakan memakan semua makanan yang tersaji di meja makan. Hal ini dianggap wajar bagi sebagian orang karena seharian berpuasa.

Padahal anggapan tersebut ialah salah, tidak jarang ketika makan berlebihan saat berbuka menyebabkan beberapa gangguan seperti sakit perut, dan bahkan meningkatkan berat badan. Maka dari itu, pentingnya mengatur asupan makanan saat berbuka jangan sampai berlebih.

Salah satu desainer kenamaan Jenahara Nasution pun saat berbuka memiliki trik tersendiri untuk menyisiati hal tersebut. Saat berbuka biasanya dia mengonsumsi buah kurma dan air putih.

"Kadang ga bisa dihindari saat buka puasa bareng temen atau ada event, ya paling yang tepatnya si gimana caranya menahan diri untuk enggak kalap," kata dia saat ditemui VIVA dalam acara Halodoc baru-baru ini di daerah Jakarta Selatan.

Desainer busana muslim, Jenahara Nasution.

Untuk mensiasati menu utama saat berbuka, dia pun hanya merasakan beberapa makanan tersebut sebanyak satu sendok.

"Tips dari aku 1 sendok cukup karena kadang yang berlebihan enggak baik kalau beneran pengen misalnya cake aku selalu tips 1 sendok cukup pas buka diresapi makannya jadi cukup rasanya," terang dia.

Dalam acara tersebut, dokter spesialis gizi klinik yang juga melayani konsultasi lewat Halodoc, dr. Jovita Amelia, M.Sc, Sp.GK menyebut untuk berbuka puasa selama bulan Ramadhan Anda bisa membaginya menjadi tiga komponen mulai dari menu buka, menu makan malam dan menu snack malam.

Dia pun memberikan contoh, untuk menu berbuka, Anda bisa meminum 2 gelas air mineral kemudian mengonsumsi 2 hingga 3 buah kurma atau jus buah ditambah 1 gelas susu atau teh.

"Bisa juga mengonsumsi air kelapa hijau untuk menggantikan elektrorit tubuh. Untuk menu berbuka jangan yang berat, yang ringan saja dulu," kata dia.

Dia melanjutkan untuk menu makan malam (makan besar) bisa dengan nasi (lebih bagus nasi merah) ditambah lauk hewani seperti ayam bakar ditambah lauk nabati seperti pepes tahu atau tahu dimasukkan ke dalam sop sayur ditambah dua gelas air mineral.

Sedangkan untuk snack malamnya bisa pilih buah plus snack (ubi/singkong/talas/jagung/roti gandum/oatmeal) dan ditambah air mineral dua gelas.

Comments