Tips Bersihkan Mobil dari Debu Vulkanis Erupsi Gunung Merapi

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Tips Bersihkan Mobil dari Debu Vulkanis Erupsi Gunung Merapi

Tips Bersihkan Mobil dari Debu Vulkanis Erupsi Gunung Merapi

KEPONEWS.COM - Tips Bersihkan Mobil dari Debu Vulkanis Erupsi Gunung Merapi JAKARTA - Fenomena erupsi Gunung Merapi pada Kamis 13 Februari 2020, di daerah Yogyakarta membuat debu vukanis menutupi bodi mobil yang melintas. Tumpukan material debu tersebut bisa meninggalkan beka...

JAKARTA - Fenomena erupsi Gunung Merapi pada Kamis 13 Februari 2020, di daerah Yogyakarta membuat debu vukanis menutupi bodi mobil yang melintas. Tumpukan material debu tersebut bisa meninggalkan bekas noda dan baret pada mobil, terlebih jikalau tidak segera dibersihkan.

Kandungan debu vulkanis seperti hasil dari erupsi Gunung Merapi, mempunyai kandungan silika tinggi dengan sifat kimiawi yang cenderung asam. Saat melekat terlalu lama, debu hasil erupsi tersebut bisa berdampak korosif pada permukaan kendaraan dengan materi besi atau krom.

Cuci mobil

Menyemprotkan air dengan tekanan tinggi, menjadi langkah awal pembersihan debu vulkanis yang menempel pada debu mobil. Penyiraman air dilakukan secara terus-menerus hingga partikel abu tidak meninggalkan sisa atau menempel di seluruh bagian mobil.

Selanjutnya pemilik mobil bisa melakukan pengeringan dengan cara mengelap bodi kendaraan dengan lap berbahan microfiber. "Gerakannya searah dan perlahan agar tidak meninggalkan bekas gesekan, karena partikel silika yang terkandung bisa bergesekan langsung dengan bodi mobil," ujar ahli perawatan bodi mobil Christopher Sebastian.

Selanjutnya

Comments