Tips Berbelanja saat Diskon agar Tidak Kebablasan

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Tips Berbelanja saat Diskon agar Tidak Kebablasan

Tips Berbelanja saat Diskon agar Tidak Kebablasan

KEPONEWS.COM - Tips Berbelanja saat Diskon agar Tidak Kebablasan MENJELANG hari besar, biasanya toko dan pusat perbelanjaan sering mengadakan diskon. Diskon yang ditawarkan juga tidak main-main, bisa mencapai 90%. Pada ketika diskon, banyak orang yang lapar mata se...
Loading...

MENJELANG hari besar, biasanya toko dan pusat perbelanjaan sering mengadakan diskon. Diskon yang ditawarkan juga tidak main-main, bisa mencapai 90%. Pada ketika diskon, banyak orang yang lapar mata sehingga membeli semua barang yang disukai tanpa pertimbangan terlebih dahulu. Inilah yang membuat keadaan finansial tidak sehat.

Agar terhindar dari korban diskon besar-besaran, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut merupakan tips berbelanja ketika diskon.

BERITA REKOMENDASI

1.Pilih Barang Dengan Hati-Hati

Tidak semua penjual berlaku jujur pada pembelinya. Ada saja diantara mereka bersikap curang ketika diskon, seperti menggabungkan barang baru dengan barang rusak. Pembeli yang terlalu antusias dengan diskon kerap kali membeli barang tanpa memperhatikan kondisi fisiknya. Mereka cenderung beli langsung bayar. Penyesalan timbul sesampainya di rumah ketika ia menyadari bahwa baju yang dibeli ternyata memiliki sobekan kecil di bagian punggungnya.

Pembeli yang cerdas ialah pembeli yang memperhatikan aspek sekecil apapun pada barang yang dibelinya. Untuk itu, berhati-hatilah sewaktu memilih barang. Apalagi bila toko yang bersangkutan melarang pengembalian produk yang telah dibeli.

2.Buat Daftar Belanja

Sebelum pergi berbelanja, catatlah barang apa saja yang dibutuhkan. Tujuannya agar barang yang dibeli tidak melenceng dari daftar yang telah dibuat. Berbelanja dengan daftar membuat Anda bisa mengontrol niat untuk membeli barang yang tidak diharapkan. Dengan demikian, Anda bisa menyimpan sisa uang belanja untuk belanja di bulan berikutnya.

3.Belanjalah Ketika Waktu Luang

Diskon besar-besaran diadakan ketika menyambut hari-hari besar. Barang yang didiskon juga tidak terorganisir dengan baik. Tumpukan di sana sini kerap kali ditemukan. Hal ini tentu memakan waktu dan energi yang besar, bukan? Anda yang ingin berbelanja secara leluasa tanpa terikat waktu, lebih baik untuk berbelanja ketika memiliki waktu luang. Dengan demikian, Anda bisa memilih barang yang sesuai dengan keinginan tanpa harus terburu-buru.

4.Jangan Terkecoh Dengan Diskon

Barang favorit sedang diskon? Senang sekali rasanya kalau hal ini terjadi. Apalagi kalau diskon yang diberikan 70% + 10%, menggiurkan, bukan? Namun, Anda sering menyalahartikan maksud diskon tersebut.

Banyak dari kita yang beranggapan bahwa diskon 70% + 10% = 80%. Jadi kita mendapat potongan harga 80% dari harga normal. Salah besar! Maksud dari diskon tersebut merupakan 70% dikali harga normal, sisanya baru akan dikalikan dengan 10%. Jadi, harganya tidak serupa ketika langsung menggabungkan diskonnya menjadi 80%.

Misalnya harga sebuah tas Rp2,000,000. Diskon 70% x Rp2,000,000 = Rp1,400,000. Setelah itu, dikurangi diskon 10 % menjadi 10% x Rp600,000 = Rp60,000. Jadi total harga yang dibayarkan merupakan Rp2,000,000 Rp1,400,000 Rp60,000 = Rp540,000.

5.Mengajak Orang Lain

Selain memberikan diskon up to 70%, ada beberapa outlet yang menunjukkan pay 1 get 1 atau beli 1 gratis 1. Sangat menggiurkan, bukan? Promo seperti ini biasanya diberikan untuk barang dengan harga normal. Untuk menghemat pengeluaran, Anda bisa mengajak sahabat atau rekan kerja ketika berbelanja. Jadi, Anda hanya perlu membayar setengahnya dan sisanya dibayar oleh sahabat atau rekan kerja.

6.Jangan Membawa Anak Ketika Berbelanja

Diskon besar-besaran yang diadakan oleh sebuah toko membuat banyak orang berdesak-desakan hanya untuk mendapatkan barang murah. Mengajak anak ketika kondisi toko sedang ramai bukanlah pilihan yang tepat. Karena asyik memilih baju murah, Anda cenderung mengabaikan si anak atau bahkan si anak mengganggu Anda sehingga tidak leluasa ketika berbelanja.

Tujuan utama berbelanja ketika diskon merupakan mendapatkan barang bagus dan murah. Agar keinginan ini terwujud, cobalah untuk tidak membawa anak ketika berbelanja.

7.Membawa Uang Tunai

Barang yang diskon sudah pasti murah, benar tidak? Agar terhindar dari lapar mata, lebih baik Anda membawa uang tunai sesuai budget yang telah ditetapkan, misalnya Rp1,000,000. Menetapkan budget sangat penting agar Anda bisa membeli barang sesuai dengan kebutuhan bukan keinginan. Jangan lupa untuk meninggalkan kartu kredit yang membuat Anda cenderung bersikap konsumtif.

Loading...
Tips Berbelanja saat Diskon agar Tidak Kebablasan

Comments