Tips Beli HP Murah Berkualitas Secara Aman

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Tips Beli HP Murah Berkualitas Secara Aman

Tips Beli HP Murah Berkualitas Secara Aman

KEPONEWS.COM - Tips Beli HP Murah Berkualitas Secara Aman Ilustrasi HP. (pexels/Adrianna) Tak seperti dulu, sekarang ini orang-orang cenderung sering berganti-ganti HP layaknya fashion. Tujuan orang berganti HP pun ta...

Ilustrasi HP. (pexels/Adrianna)

Tak seperti dulu, sekarang ini orang-orang cenderung sering berganti-ganti HP layaknya fashion. Tujuan orang berganti HP pun tak selalu karena alasan fungsionalitas. Berganti-ganti HP seperti ini tentu bisa cukup menguras kantong, apalagi jikalau HP yang dibeli memang termasuk varian smartphone mahal. Tak heran bila sebagian orang memilih beli HP murah atau second.

Apalagi sudah banyak produk smartphone dari banyak sekali kelas yang di jual di pasaran, mulai dari HP murah sampai yang mahal, semua tersedia dalam banyak model dan varian.

Seperti yang diketahui beli HP murah atau second bisa dibilang cukup berisiko. Alasannya adalah, pembeli tak tahu pasti komponen apa saja yang rusak atau diganti sebelum HP yang dibeli.

Berbeda dengan membeli HP flagship yang kemungkinan mendapatkan "zonk"-nya kecil, mencari HP murah terbaik butuh ketelitian dan pengetahuan lebih. Apalagi kalau sudah memasuki ranah spesifikasi smartphone.

Berikut tips beli HP murah yang HiTekno.com rangkum untuk Kamu.

Tips Beli HP Murah Secara Aman

Ilustrasi HP. (pexels/Daria)Ilustrasi HP. (pexels/Daria)

1. Kenali Reputasi Toko atau Seller

Tips beli HP murah yang pertama merupakan kenali reputasi dan biografi seller, pasalnya online shop dan marketplace di Indonesia saat ini tumbuh dengan pesat. Beberapa diantaranya bahkan memberikan harga HP di bawah pasaran, tentu saja membuat siapapun tertarik untuk melakukan pembelian.

Namun, jangan terkecoh mengenai penawaran harga. Kamu wajib melakukan pengecekan terkait reputasi situs tersebut agar mendapatkan produk HP yang sesuai keinginan dan harapan, juga melindungi transaksi dengan sistem keamanan yang terjamin.

2. Jangan Takut untuk Bertanya

Tips beli HP murah ini, Kamu bisa menanyakan segala macam hal pada seller terkait barang yang diincar. Selain itu, interaksi dengan seller akan memudahkan Kamu untuk menyelesaikan komplain bila terjadi kesalahan pada saat pengiriman, atau bila barang yang diterima rusak.

3. Bandingkan Fasilitas dan Harga

Saat ingin beli HP murah, tentu saja kemudahan untuk menentukan HP akan jauh lebih mudah ketimbang membelinya di toko offline. Di sini, Kamu bisa menentukan harga HP sesuai anggaran, spesifikasi HP sesuai kebutuhan dan garansi HP sebagai layanan purna jual.

4. Belanja Melalui Software Resmi

Tidak hanya memungkinkan konsumen transaksi melalui website, beberapa online shop kini membuat software mobile untuk menyokong kemudahan konsumen untuk bertransaksi melalui HP tanpa harus membuka desktop atau laptop.

5. Belanja Melalui Software Resmi

Beli HP online melalui software resmi terkadang harganya sedikit lebih murah daripada membelinya lewat website karena beberapa marketplace menyediakan kode voucher diskon yang hanya bisa diaplikasikan melalui software resmi.

6. Cek Deskripsi Barang dengan Jelas

Deskripsi HP perlu Kamu ketahui dengan jelas sebelum melakukan pembelian HP secara online. Tips beli HP murah ini dikarenakan sebuah produk bisa mempunyai spesifikasi berbeda-beda yang harus diketahui semenjak awal sebelum keputusan pembelian.

Dengan membaca deskripsi pada sebuah iklan HP, Kamu bisa mengetahui detail spesifikasi yang ditawarkan, pastikan bahwa hal tersebut sudah sesuai dengan produk yang Kamu inginkan, juga sesuai dengan harga yang harus dibayarkan.

Perbedaan spesifikasi perlu Kamu ketahui sedari awal untuk memastikan Kamu mendapatkan produk yang sesuai harapan. Selain itu, cek juga garansi HP pada deskripsi iklan, apakah HP yang akan dibeli dilindungi garansi resmi atau hanya garansi distributor saja.

7. Pilih Metode Pembayaran yang Paling Nyaman

Metode pembayaran yang disediakan oleh sebuah online shop sangatlah variatif. Beberapa diantaranya memberikan metode pembayaran dengan kartu debit, transfer bank, kartu kredit, kredit tanpa kartu kredit (beli hp online kredit) bahkan cash on delivery (COD) yang memungkinkan Kamu membayar sewaktu barang diterima.

8. Pilih Metode Pengiriman Terbaik

Memilih metode pengiriman atau shipping merupakan tahap akhir tips beli HP murah. Di sini, Kamu bisa memilih banyak sekali jasa ekspedisi yang sudah bekerjasama dengan marketplace dengan biaya yang berbeda dan layanan yang juga berbeda.

Sebagai pertimbangan dalam memilih metode pengiriman, Kamu bisa melihat ketersediaan jalur komunikasi dari masing-masing ekspedisi, pilih yang paling mudah dihubungi sehingga tidak merepotkan Kamu saat terjadi masalah dalam proses pengiriman.

Tips beli HP murah diatas sekedar panduan agar Kamu setidaknya mendapatkan gambaran atau pengetahuan wacana smartphone yang akan dibeli. Selamat memilih.

Kontributor: Afifah Cinthia Pasha

Comments