Tips bagi Bunda agar Anak Lupa Main Ponsel

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Tips bagi Bunda agar Anak Lupa Main Ponsel

Tips bagi Bunda agar Anak Lupa Main Ponsel

KEPONEWS.COM - Tips bagi Bunda agar Anak Lupa Main Ponsel SAAT ini salah satu perangkat elektronik yang tak bisa lepas dari masyarakat ialah HP alias ponsel. Rasanya ada yang aneh kalau HP tak ada dalam genggaman. Dengan HP, semua bisa dilakukan. Seperti ada...

SAAT ini salah satu perangkat elektronik yang tak bisa lepas dari masyarakat ialah HP alias ponsel.

Rasanya ada yang aneh kalau HP tak ada dalam genggaman. Dengan HP, semua bisa dilakukan. Seperti ada fasilitas permainan, hiburan dan sosmed yang terhubung dengan internet.

Tak jarang, kini anak-anak sangat senang ketika bermain gadget ini. Bahkan ketika anak rewel, orang tua sering lupa dan memberikan ponselnya kepada anaknya.

anak main ponsel

Nah, ada beberapa tips yang bisa dicoba agar anak lupa bermain ponsel. Dikutip dari unggahan Facebook Tips Sehat dan Info Masakan, Selasa (19/10/2021), berikut selengkapnya.

1. Di minggu pertama, Kamu bisa mengatur waktu bermain HP anak. Misal untuk anak yang sudah kecanduan, susah lepas dari ponsel, bisa atur waktu perdua jam sekali.

Setiap 2 jam, Kamu bisa mengambil gadget yang digunakan. Boleh diberikan lagi setelah 2 jam dan dia merengek minta HP lagi. Tapi ingatkan lagi 2 jam kemudian, akan diambil. Kalau tidak merengek, tidak usah diberikan.

2. Masuk pekan kedua, naikan frekuensi jamnya, misal jadi 5 jam sekali. Jikalau memungkinkan, Kamu bisa naikkan agak banyak hingga 3-5 jam berikutnya. Tujuannya biar anak mulai terbiasa tidak main HP.

3. Kemudian minggu berikutnya, mulai atur hari dimana anak boleh pegang HP. Misal per 2 hari saja boleh main HPnya, 2 hari ke depan libur dulu. Begitu seterusnya.

4. Kalau sudah masuk keempat, Kamu bisa lebih konsisten untuk memberi HP hanya 1 minggu sekali saja, misal hari sabtu saja dengan batas waktu 2 jam. Walaupun anak merengek tetap harus sesuai aturan.

(DRM)

Comments