Tips Antisipasi Munculnya Klaster Libur Panjang Menurut Pakar Epidemiologi

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Tips Antisipasi Munculnya Klaster Libur Panjang Menurut Pakar Epidemiologi

Tips Antisipasi Munculnya Klaster Libur Panjang Menurut Pakar Epidemiologi

KEPONEWS.COM - Tips Antisipasi Munculnya Klaster Libur Panjang Menurut Pakar Epidemiologi Sebagian besar masyarakat Indonesia tidak sabar untuk menanti liburan panjang akhir tahun. Meski libur, namun mereka tidak dianjurkan untuk bepergian selama masa pandemi karena takut menciptakan klast...

Sebagian besar masyarakat Indonesia tidak sabar untuk menanti liburan panjang akhir tahun. Meski libur, namun mereka tidak dianjurkan untuk bepergian selama masa pandemi karena takut menciptakan klaster-klaster baru Covid-19.

Meski demikian, membuat masyarakat tetap di rumah selama masa pandemi tampaknya bukan hal mudah untuk dilakukan. Melihat kondisi tersebut Pakar Epidemiologi Universitas Airlangga, Laura Navika Yamani menyebut perlu adanya antisipasi kemungkinan munculnya kluster libur panjang.

Pandemi virus corona

Hal ini ada persiapan dari beberapa aspek, terutama tempat-tempat publik, baik transportasi umum, tempat wisata maupun tempat publik yang lain misalkan hotel dan restoran, terang Laura, saat dihubungi Okezone, Rabu (21/10/2020).

Ia melanjutkan, tempat-tempat yang nantinya bakal ramai dikunjungi harus mengedepankan penerapan protokol kesehatan secara ketat dari para pengelolanya.

Mereka juga harus bisa memastikan para pengunjung disiplin agar tindakan pencegahan dapat berjalan maksimal.

Disiplin terutama bagi pengunjung yang kemungkinan bisa datang lebih banyak ketika liburan panjang besok. Sehingga mau tidak mau hanya masyarakat yang patuh terhadap protokol kesehatan saja yang bisa masuk, lanjutnya.

Laura pun mengimbau kepada para pengelola tempat-tempat umum agar tidak tergiur dengan jumlah pengunjung yang bakal datang selama liburan panjang. Pembatasan kapasitas pengunjung wajib dilakukan untuk menghindari risiko tertular dan menulari.

5 Gaya Nagita Slavina di Labuan Bajo, Cantik Pakai Topi Maria Mercedes!

Pengelola tempat-tempat umum harus tetap memberlakukan kapasitas pengunjung sehingga tetap bisa melakukan physical distancing. Dan masyarakat juga hendaknya memilih tempat wisata dengan penerapan protokol kesehatan. Sehingga jikapun berwisata harus dalam kondisi aman, tuntasnya.

(DRM)

Comments