Tips Ampuh Cegah Infeksi Jamur saat Musim Hujan

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Tips Ampuh Cegah Infeksi Jamur saat Musim Hujan

Tips Ampuh Cegah Infeksi Jamur saat Musim Hujan

KEPONEWS.COM - Tips Ampuh Cegah Infeksi Jamur saat Musim Hujan MUSIM hujan mulai terjadi belakangan ini. Imbauan untuk menjaga kesehatan tubuh pun terus dilakukan. Pasalnya ketika musim hujan, tubuh rentan terserang penyakit, salah satunya ialah infeksi jamur. In...

MUSIM hujan mulai terjadi belakangan ini. Imbauan untuk menjaga kesehatan tubuh pun terus dilakukan. Pasalnya ketika musim hujan, tubuh rentan terserang penyakit, salah satunya ialah infeksi jamur.

Infeksi jamur kerap muncul saat musim hujan. Penyakit ini menyerang di banyak sekali lokasi tubuh yang lembap dan banyak mengeluarkan keringat, misalnya kaki, sela paha, rambut, serta ketiak.

Buah-buahan Ini Baik Dikonsumsi saat Musim Hujan, Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Salah satu jamur yang sering muncul ialah fungal acne. Ini biasanya timbul di bagian punggung karena lembap dan sering berkeringat, terutama jikalau sering mengoleskan bahan berminyak seperti minyak pijat. Demikian dikutip dari Antara.

Pada area kaki, infeksi jamur biasanya terjadi dalam kondisi yang berkeringat saat memakai sepatu. Beberapa tandanya merupakan gatal dan perih.

Ilustrasi musim hujan. (Foto: Towaiphoto/Freepik)

Pakar kesehatan asal India, dr Geetika Mittal Gupta, dalam unggahan akun Instagram-nya menyarankan mencuci kaki dengan sabun dan mengeringkannya secara menyeluruh. Kenakan alas kaki terbuka, ganti pakaian basah, dan gunakan bedak tabur antijamur setelah mandi.

Waspadai juga kurap karena infeksi jamur yang muncul dalam bentuk cincin di area seperti leher, kaki, dan ketiak. Sebaiknya kenakan pakaian yang bersih, kering, longgar, jangan menggaruk area yang terkena dan gunakan krim antijamur, bedak untuk melegakan, serta jaga agar kaki tetap bersih dan kering.

5 Makanan yang Baik Dikonsumsi saat Musim Hujan

Infeksi jamur juga bisa menyerang kuku dan ini rentan terjadi selama musim hujan. Infeksi bisa muncul dari kotoran yang menumpuk di bawah kuku dan tidak dibersihkan dengan benar. Dokter Gupta menyarankan merawat kuku, termasuk menjaga kebersihan jari kaki untuk menghindari infeksi.

Eksim atau dermatitis juga cenderung meningkat angka kejadiannya di musim hujan. Cuaca yang lembap memperburuk kondisi tersebut. Pelembap berbasis losion lebih baik daripada yang berbasis krim di musim hujan ini.

Pada kepala juga bisa terjadi kurap atau Tinea Capitis. Infeksi biasanya menyebar melalui kontak orang ke orang atau dengan menyebarkan sisir, handuk, topi, atau bantal.

Sebaiknya keramas secara teratur, mencuci tangan, dan melakukan rutinitas kebersihan lainnya. Gunakan sampo antijamur dengan asam salisilat untuk mengelupas, menggosok kulit yang terinfeksi dan membuang sel-sel mati.

Comments