Tips Aman Meminjamkan Ponsel ke Orang Lain

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Tips Aman Meminjamkan Ponsel ke Orang Lain

Tips Aman Meminjamkan Ponsel ke Orang Lain

KEPONEWS.COM - Tips Aman Meminjamkan Ponsel ke Orang Lain Terkadang, pengguna harus meminjamkan ponsel kepada orang lain, seperti sahabat atau kerabat dekat dengan beberapa alasan. Pengguna mungkin merasa cemas dan khawatir ketika ada orang lain yang memegan...

Terkadang, pengguna harus meminjamkan ponsel kepada orang lain, seperti sahabat atau kerabat dekat dengan beberapa alasan. Pengguna mungkin merasa cemas dan khawatir ketika ada orang lain yang memegang ponsel. Beberapa pengguna tak ingin ada orang lain yang membaca notifikasi pesannya ataupun berita pribadi lainnya.

Pengguna menyimpan begitu banyak data dan berita pribadi di ponsel dan ketika menyerahkannya ke orang lain, itu dapat mempunyai potensi adanya pelanggaran privadi.

Namun, ada tips aman untuk meminjamkan ponsel ke orang lain tanpa perlu merasa cemas. Untungnya, ponsel Android mempunyai opsi bawaan yang berguna untuk membatasi apa yang bisa dan tidak bisa dilakukan orang lain saat meminjam ponsel.

Berikut ini tips aman meminjamkan ponsel ke orang lain:

Saat Android Lollipop diluncurkan, Android telah menyertakan fasilitas bernama Screen Pinning yang menjadi andalan hingga kini.

Pada dasarnya, fasilitas ini akan mengunci pengguna ponsel di dalam satu software tertentu. Sehingga ketika orang lain memegang ponsel, mereka tidak dapat membuka software lain atau mengubah pengaturan kecuali dapat membuka kunci ponsel.

Ini ialah fasilitas yang tepat ketika pengguna sering meminjamkan ponsel ke keponakan, saudara, atau sahabat.

Untuk memakai fasilitas tersebut, buka Settings dan ketuk opsi Security, lalu Advanced Settings, dan pilih App Pinning. Alihkan toggle di sebelah opsi Use App Pinning dan pastikan opsi untuk selalu meminta PIN atau pola buka kunci juga aktif.

Ilustrasi ponsel (Pexels/Tracy Le Blanc)Ilustrasi ponsel (Pexels/Tracy Le Blanc)

Selanjutnya, buka software yang diizinkan aksesnya kepada orang lain. Geser ke atas dari bagian bawah layar dan tahan setengah untuk membuka carousel Overview. Ketiuk pada ikon di bagian atas software yang ingin disematkan dan drop-down menu akan turun.

Setelah itu, pilih Pin dan software tersebut kini akan menjadi satu-satunya software yang dapat diakses oleh pengguna. Untuk mengembalikan ponsel ke fungsi awal, geser ke atas dan tahan lagi, lalu masukkan PIN atau pola.

Selain itu, pengguna juga bisa mengaktifkan mode tamu di ponsel Android. Untuk menemukan mode tamu, buka Settings > System > Multiple Users, dan aktifkan sakelar.

Kalau ada orang tertentu yang sering meminjam ponsel, pengguna dapat memberi mereka nama akunnya sendiri dengan mengetuk Add User. Kalau tidak, cukup klik Add Guest untuk beralih ke versi Android bersih dan tidak ada akun yang dibuka.

Di dalam mode tamu, pengguna tidak dapat mengirim SMS, melakukan panggilan, atau mengakses fasilitas pencadangan dan pengaturan ulang seperti biasa.

Namun, tamu dapat masuk ke software memakai akun mereka sendiri dan bila mereka mempunyai kredensial Google, mereka dapat mengakses software seperti Gmail dan Google Play Store.

Untuk mengembalikan ponsel ke semula, buka layar Multiple Users dan masukkan kode sandi.

Meskipun orang lain dapat mencoba masuk ke akun pengguna tanpa izin, tetapi mereka harus melewati perlindungan layar kunci.

Itulah tips aman yang bisa dilakukan saat meminjamkan ponsel ke orang lain.

Comments