Tips Aman Belanja ke Pasar di Tengah Pandemi Covid-19

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Tips Aman Belanja ke Pasar di Tengah Pandemi Covid-19

Tips Aman Belanja ke Pasar di Tengah Pandemi Covid-19

KEPONEWS.COM - Tips Aman Belanja ke Pasar di Tengah Pandemi Covid-19 Pasar menjadi salah satu tempat berkumpul masyarakat untuk transaksi jual-beli. Di sisi lain, pasar menjadi tempat yang juga rentan akan penularan Covid-19. Karenanya, supaya tetap aman saat berada di...

Pasar menjadi salah satu tempat berkumpul masyarakat untuk transaksi jual-beli. Di sisi lain, pasar menjadi tempat yang juga rentan akan penularan Covid-19.

Karenanya, supaya tetap aman saat berada di pasar selama pandemi Covid-19, pemerintah memberikan aturan protokol kesehatan baik untuk penjual maupun pembeli. Saat berbelanja ke pasar, masyarakat harus menyiapkan alat tempur sesuai dengan protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Dikutip dari iNews.id, Anggota Junior Doctor Network (JDN) dr. Sarah Shyma mengingatkan kepada pembeli sebelum berangkat ke pasar harus memastikan diri dalam keadaan sehat. Selain itu, pembeli juga harus memakai masker serta membuat catatan rencana perbelanjaan. Tujuannya untuk mempersingkat waktu belanja.

"Yang paling penting sebelum kita ke pasar merupakan kita harus dalam kondisi yang sehat, wajib memakai masker dan punya catatan apa yang akan dibeli untuk mempersingkat waktu serta mengurangi risiko infeksi karena kita tidak berlama-lama di pasar, jadi harus punya rencana sebelum ke pasar," kata Sarah dalam dialog di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Sabtu (27/6).

Pedagang Pasar

Sebagai upaya mengurangi kontak fisik sekaligus penggunaan plastik, Sarah mengharuskan para pembeli untuk membawa tas belanja sendiri.

"Siapkan tas belanja untuk membawa barang-barang yang akan dibeli, selain kita bisa memastikan kebersihannya, kita juga dapat mengurangi penggunaan plastik," ujarnya.

5 Gaya Ahok Berbusana Batik, Gagah dan Berwibawa!

Sarah juga mengingatkan bagi para pembeli untuk membawa hand sanitizer sebagai opsi jikalau tempat cuci tangan sulit dijangkau ketika sedang berbelanja. Kemudian Sarah juga memaparkan yang terpenting di sini merupakan kesadaran untuk jaga jarak.

Pedagang Pasar

Kalau kios yang ingin dikunjungi sudah terlihat banyak orang, bisa mengunjungi yang lain terlebih dahulu untuk menghindari kerumunan. Setelah berbelanja di pasar, Sarah kembali mengingatkan untuk membersihkan diri terlebih dahulu baru menata barang-barang atau bahan makanan yang dibeli.

"Sudah pasti ketika sampai di rumah harus membersihkan diri terlebih dahulu, dengan cuci tangan, mengganti baju dan mandi, baru setelah itu kita dapat menata barang atau bahan pangan yang kita beli. Untuk pembersihan barang seperti perabotan rumah tangga dapat disemprotkan desinfektan. Namun untuk bahan pangan seperti buah dan sayur dapat dicuci dengan air mengalir dan bila dimasak yang penting merupakan higienitas dari kita memasak dan kematangannya bisa membunuh kuman," ujarnya.

(hel)

Comments