Tips Agar Toko di Ecommerce Banjir Ulasan Positif dan Banyak Dapat Bintang Lima

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Tips Agar Toko di Ecommerce Banjir Ulasan Positif dan Banyak Dapat Bintang Lima

Tips Agar Toko di Ecommerce Banjir Ulasan Positif dan Banyak Dapat Bintang Lima

KEPONEWS.COM - Tips Agar Toko di Ecommerce Banjir Ulasan Positif dan Banyak Dapat Bintang Lima Ulasan serta jumlah bintang dari pembeli sangat penting bagi pemilik toko online di ecommerce. Penilaian tersebut menjadi daya tarik bagi pembeli lain untuk memastikan bahwa produk dari toko tersebu...

Ulasan serta jumlah bintang dari pembeli sangat penting bagi pemilik toko online di ecommerce.

Penilaian tersebut menjadi daya tarik bagi pembeli lain untuk memastikan bahwa produk dari toko tersebut memang layak dibeli.

Sehingga pada akhirnya juga bisa menentukan kelangsungan usaha pegiat usaha, termasuk UMKM lokal.

Merchant Education Senior Lead Tokopedia Resti Purniandi membagikan lima tips agar pelaku usaha bisa mendapat ulasan dan bintang lima dari pembeli. Apa saja? berikut ulasan lengkapnya.

2 Aksi Pencurian Tabung Gas di Depok Ini Bikin Geleng Kepala

Ilustrasi Berbelanja Online (Pixabay/HutchRock)Ilustrasi Berbelanja Online (Pixabay/HutchRock)

1. Responsif dan Komunikatif
Pembeli selalu senang dengan penjual yang cepat dan tepat dalam menjawab. Resti menyarankan untuk menjawab pertanyaan pembeli di kolom chat dan diskusi dalam waktu maksimal 10 menit agar meminimalisir potensi pembeli berpaling ke toko lain.

:Sampaikan ke calon pembeli terkait jam buka tutup toko demi menjaga ekspektasi mereka. Penjual bisa memakai fasilitas Jadwal Toko untuk mengatur jam buka-tutup hingga jadwal libur toko," saran Resti.

2. Gunakan Foto dan Video yang Sesuai
Pastikan foto dan video produk asli dan buatan sendiri. Foto produk dari banyak sekali sisi dapat memudahkan pembeli melihat detail produk dengan jelas.

"Manfaatkan juga pencahayaan yang terang dan gunakan latar belakang foto yang sederhana. Para penjual yang memakai foto produk asli dan video produk cenderung lebih dipercayai pelanggan," ujar Resti.

3. Deskripsikan Produk dengan Jelas
Jelaskan produk yang dijual secara rinci, mulai dari merek, fungsi, ukuran, kelengkapan produk, detail warna hingga cara perawatan.

Jualan HP di E-Commerce Hampir Ditipu Pembeli Cuma Bayar Rp 3 Ribu Perak, Penjual Kirim Tiga Benda Ini Sebagai Balasan

Informasikan juga terkait layanan logistik yang digunakan serta jadwal pengiriman.

"Penjual sebaiknya memposisikan diri sebagai pembeli agar bisa memperkirakan pertanyaan-pertanyaan apa saja yang kemungkinan akan ditanyakan oleh pembeli," kata Resti.

4. Kemas Produk dengan Aman
Gunakan ukuran kardus yang mendekati dimensi produk dan tambahkan pelapis secukupnya agar aman.

"Periksa ulang produk yang akan dikirim sebelum dikemas, pastikan tidak ada cacat pada barang. Kemas produk secara aman sesuai kategori barang dan pertimbangkan durasi pengiriman."

"Ingatkan pembeli untuk membuat video unboxing paket sebagai bukti kondisi produk bila ternyata ditemukan keluhan, saran Resti.

5. Jaga Komunikasi dengan Pembeli Setelah Bertransaksi
Ketika pesanan sudah diterima oleh pembeli, ucapkan terima kasih dan tanyakan langsung tanggapan pembeli terhadap pelayanan toko.

Minta juga kritik dan saran serta ajak pembeli untuk memberi ulasan produk dan bintang sebagai tanda kepuasan.

Comments