Tips agar Opor Ayam Tak Cepat Basi ala Sisca Soewitomo

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Tips agar Opor Ayam Tak Cepat Basi ala Sisca Soewitomo

Tips agar Opor Ayam Tak Cepat Basi ala Sisca Soewitomo

KEPONEWS.COM - Tips agar Opor Ayam Tak Cepat Basi ala Sisca Soewitomo MENJELANG Hari Raya Idul Fitri, banyak orang memang tengah bersiap memasak opor ayam. Makanan ini memang sangat identik dengan Hari Raya Idul Fitri. Hampir setiap rumah menyediakan hidangan ini untuk...

MENJELANG Hari Raya Idul Fitri, banyak orang memang tengah bersiap memasak opor ayam. Makanan ini memang sangat identik dengan Hari Raya Idul Fitri.

Hampir setiap rumah menyediakan hidangan ini untuk disuguhkan kepada para tamu, atau sekadar disantap bersama keluarga inti.

Menariknya, menurut penuturan Chef sekaligus Pakar Masakan Indonesia, Sisca Soewitomo, cara terbaik mengolah opor ayam ialah tidak sembarangan mencampurkan santan ke dalam masakan. Apalagi bila Kamu ingin opor ayam bertahan lama atau tidak cepat basi.

"Kalau saya biasanya sudah masak opor dari dua atau satu hari sebelum Lebaran. Nah, sekarang bagaimana caranya agar tidak cepat basi? Mudah sekali. Jangan langsung mencampurkan santan ke dalam masakan. Campurlah santan ketika opor hendak disantap," ujarnya saat dihubungi Okezone.

Lebih lanjut Sisca memaparkan secara rinci, langkah pertama yang harus dilakukan merupakan merebus daging ayam dengan bumbu utama adalah, bumbu kuning.

Resep opor ayam

Setelah daging ayam empuk dan bumbu meresap secara mata. Segera angkat lalu simpan dengan wadah plastik di dalam lemari es. Kamu bisa menambahkan santan ketika opor baru hendak di santap.

"Biasanya kan opor dimakan bareng-bareng setelah shalat Idul Fitri. Sebelum berangkat ke masjid, daging ayam dan kuah yang sudah diolah bisa dikeluarkan terlebih dahulu hingga mempunyai room temperatur. Kemudian baru deh ditambahkan santan, sembari dihangatkan sebentar," tambahnya.

Tips ini, kata Sisca, juga berlaku untuk beberapa hidangan yang identik dengan Lebaran seperti sambal goreng ati, rendang, dan makanan yang memakai santan lainnya.

"Kalau mau dagingnya empuk dan matang tepat, memang harus teliti saat proses perebusan berlangsung. Apinya jangan terlalu besar dan jangan terlalu kecil juga. Sedang saja cukup," kata Sisca.

(mrt)

Comments