Tips Agar Diabetes Tak Komplikasi

Tips & Tricks

Fun / Tips & Tricks

Tips Agar Diabetes Tak Komplikasi

Tips Agar Diabetes Tak Komplikasi

KEPONEWS.COM - Tips Agar Diabetes Tak Komplikasi Sabtu, 14 Januari 2017 | 10:00 WIBIlustrasi berolahraga di pantai. Sxc.huJakarta - Diabetes merupakan suatu penyakit atau kondisi kadar gula darah seseorang tinggi. Hal ini terjadi karena kurangnya ho...

Sabtu, 14 Januari 2017 | 10:00 WIB

Tips Agar Diabetes Tak Komplikasi

Ilustrasi berolahraga di pantai. Sxc.hu

Jakarta - Diabetes merupakan suatu penyakit atau kondisi kadar gula darah seseorang tinggi. Hal ini terjadi karena kurangnya hormon insulin yang menurunkan kadar gula darah dalam tubuh atau insulin yang ada tidak bekerja dengan baik.

Diabetes ini akhir-akhir ini menjadi bahan pembicaraan semenjakpersonel Project Pop, Mochamad Fachroni alias Oon, meninggal dunia pada Jumat pagi, 13 Januari 2017, di Bandung. Oon meninggal karena menderita penyakit diabetes yang menyebabkan komplikasi dan merusak fungsi beberapa orang tubuhnya, mirip jantung, ginjal, dan hati.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Endokrin, Metabolik, dan Diabetes (SpPD-KEMD) Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Wismandari Wisnu, mengatakan diabetes memang dapat menyebabkan komplikasi. Mirip jantung koroner, stroke, luka sulit sembuh hingga diharuskan amputasi, kebutaan, gagal ginjal, impotensi, dan lelainan saraf.

"Itu komplikasi jangka panjangnya," kata Wismandari yang juga berdinas di Rumah Sakit Pondok Indah, kepada Tempo, Jumat, 13 Januari 2017.

Wismandari menjelaskan, ketika ini diabetes belum bisa disembuhkan. Akan tetapi dapat dikontrol dengan baik dan hidup sehat. "Tatalaksananya merupakan dengan edukasi, pola makan, olahraga, dan obat-obatan," ujar dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini.

Tatalaksana diabetes ini bertujuan untuk mencegah komplikasi. "Kalau tatalaksananya baik, dalam hal ini kontrol gula darah, darah tinggi dan kolesterolnya baik, maka komplikasi bisa dicegah," kata Wismandari.

AFRILIA SURYANIS

Baca juga:
1. Ini bahayanya bila konsumsi gula berlebihan
2. Memahami diabetes
3. hobi makan salmon? Baca dulu ini

Comments