Tiongkok Dibuat 'Bingung dan Jengkel' dengan Ulah Pemerintahan Donald Trump

Internasional

News / Internasional

Tiongkok Dibuat 'Bingung dan Jengkel' dengan Ulah Pemerintahan Donald Trump

Tiongkok Dibuat 'Bingung dan Jengkel' dengan Ulah Pemerintahan Donald Trump

KEPONEWS.COM - Tiongkok Dibuat 'Bingung dan Jengkel' dengan Ulah Pemerintahan Donald Trump Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari BUENOS AIRES - Tiongkok dikabarkan galau dengan 'ulah' administrasi Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump saat KTT G-20 di Buenos Aires, Argentina. Se...


Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

BUENOS AIRES - Tiongkok dikabarkan galau dengan 'ulah' administrasi Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump saat KTT G-20 di Buenos Aires, Argentina.

Setelah pertemuan penting antara Trump dan Presiden Tiongkok Xi Jinping, pejabat dari Tiongkok pun dibuat 'galau dan jengkel' oleh perilaku administrasi Trump.

Seperti yang disampaikan The Washington Post Selasa (11/12/2018), mengutip pernyataan mantan pejabat pemerintah AS yang telah melakukan kontak dengan pejabat Tiongkok.

Manusia Dijadikan Umpan untuk Menangkap Seekor Macan Tutul di India

"Kamu tidak akan melakukan ini dengan orang Tiongkok, kamu tidak akan berani mengumumkan semua konsesi mereka di depan umum, ini cuma kegilaan semata," kata mantan pejabat yang enggan disebutkan namanya itu.

Sementara itu, kedua pemimpin negara telah bertemu dalam jamuan makan malam selama digelarnya KTT G-20 di Argentina pada pekan lalu.

Dikutip dari laman CNBC, Rabu (5/12/2018), Gedung Putih pun mengatakan bahwa kedua negara telah sepakat untuk melakukan gencatan senjata selama 90 hari terkait perang dagang.

Setelah pertemuan tersebut, Trump kemudian mengatakan kepada awak media bahwa itiu merupakan 'kesepakatan yang luar biasa' dan bila memang gencatan senjata benar terjadi, maka itu menjadi salah satu kesepakatan terbesar yang pernah dibuat.

Kemlu RI : Tak Ada Korban Jiwa WNI Pada Ledakan di Megamall Kuching Malaysia

Kendati demikian, The Washington Post melaporkan, Tiongkok belum mengakui batas waktu 90 hari terkait kesepakatan itu.

Bahkan negeri tirai bambu tersebut juga tidak mengatakan bahwa mereka akan 'segera' meningkatkan pembelian alat pertanian dari AS.

Tiongkok Dibuat 'Bingung dan Jengkel' dengan Ulah Pemerintahan Donald Trump

Comments