Tingkat Pengetahuan Remaja Indonesia Tentang Seks Masih Rendah, Kenapa Ya?

Hot!

Life & Style / Hot!

Tingkat Pengetahuan Remaja Indonesia Tentang Seks Masih Rendah, Kenapa Ya?

Tingkat Pengetahuan Remaja Indonesia Tentang Seks Masih Rendah, Kenapa Ya?

KEPONEWS.COM - Tingkat Pengetahuan Remaja Indonesia Tentang Seks Masih Rendah, Kenapa Ya? SEJAK dini, anak harus dikenalkan dengan fungsi alat reproduksi, sehingga tahu banyak berita seputar kesehatan seksual. Orangtua patut memberi tahu sang anak agar tidak membuatnya penasaran.Ahli Keseh...

SEJAK dini, anak harus dikenalkan dengan fungsi alat reproduksi, sehingga tahu banyak berita seputar kesehatan seksual. Orangtua patut memberi tahu sang anak agar tidak membuatnya penasaran.

Ahli Kesehatan Masyarakat Usep Solehudin mengungkapkan, anak remaja di Indonesia masih minim pengetahuan kesehatan reproduksi. Sehingga, sangat sulit bagi mereka kalau ingin melindungi diri dari pergaulan seks bebas.

"Tingkat pengetahuan remaja di Indonesia wacana kesehatan seksual dan reproduksi masih rendah. Khususnya yaitu dalam cara melindungi diri terhadap risiko kesehatan reproduksi seperti perubahan psikis yang dipengaruhi hormon," kata Usep ketika Diskusi Media Membahas Booklet Kesehatan Reproduksi Bersama DKT Indonesia, di daerah Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (7/3/2017).

Usep menambahkan, peran orangtua sangat dibutuhkan untuk memandu anaknya agar tahu segala berita seputar kesehatan reproduksi dan seksual. Anak-anak setidaknya paham dengan hal ini agar tidak terjerumus pada risiko pergaulan bebas.

"Orangtua harus terbuka dengan anak dalam hal apapun. Sempatkan waktu curhat dengan anak agar semakin dekat agar mereka tidak canggung bertanya, apalagi seputar edukasi seksual," beber Usep.

Begitu juga dengan orangtua harus mendengarkan cerita anak baik perihal kehidupan di sekolahnya atau di lingkungan keluarganya. Kalau memang ada pertanyaan seputar kesehatan seksual, orangtua tak perlu malu mengungkapkan, apalagi tidak menjawab pertanyaan sang anak.

"Tapi faktanya di lapangan, kalau ada anak bertanya soal seks pasti orangtuanya langsung mengolok-olok anak, melarang anak agar tidak usah tahu sama sekali, atau bahkan memarahinya," tutup Sekretaris Yayasan Pelita Ilmu itu.

Tingkat Pengetahuan Remaja Indonesia Tentang Seks Masih Rendah, Kenapa Ya?

Comments