Tim Peneliti WHO Berharap Dapat Petunjuk Awal Mula Munculnya Covid-19

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Tim Peneliti WHO Berharap Dapat Petunjuk Awal Mula Munculnya Covid-19

Tim Peneliti WHO Berharap Dapat Petunjuk Awal Mula Munculnya Covid-19

KEPONEWS.COM - Tim Peneliti WHO Berharap Dapat Petunjuk Awal Mula Munculnya Covid-19 Kedatangan tim peneliti internasional badan organisasi kesehatan internasional (WHO) bertujuan untuk menemukan petunjuk awal mula munculnya Covid-19 yang kini masih menjadi pandemi di dunia. Kunjungan...

Kedatangan tim peneliti internasional badan organisasi kesehatan internasional (WHO) bertujuan untuk menemukan petunjuk awal mula munculnya Covid-19 yang kini masih menjadi pandemi di dunia.

Kunjungan ini sendiri, kabarnya dijalankan dengan tertutup. Baik China ataupun WHO tidak mengungkapkan pada publik dengan detail wacana hal apa yang akan dilakukan atau di mana lokasi yang akan dituju oleh tim peneliti tersebut.

Tim WHO di Wuhan

Pencarian yang mungkin saja bisa berlangsung selama bertahun-tahun ini, kemungkinan bisa membantu upaya pencegahan terjadinya pandemi di masa mendatang.

Tiba di Wuhan, selama 14 hari pertama tim peneliti harus menjalani karantina mandiri terlebih dahulu. Selama karantina mandiri 14 hari ini, dikatakan tim peneliti akan bekerja dengan pihak China secara virtual melalui video conference.

Setelah masa karantina selesai, seperti dikutip Ny Post, Jumat (15/1/2021) rencana selanjutnya kemungkinan tim peneliti akan mengunjungi Pasar Seafood Huanan, lokasi klaster kasus Covid-19 pada Desember 2019 dan juga Wuhan Institute of Virology.

Para ilmuwan, awalnya menduga virus penyebab Covid-19 ini berasal dari hewan liar yang dijual di pasar tersebut. Diharapkan, di pasar ini bisa ada petunjuk wacana bagaimana virus corona bisa menyebar begitu luas.

Sementara, di Wuhan Institute of Virology diketahui terdapat arsip dokumen ekstensif urutan genetik virus korona kelelawar usai kejadian wabah SARS tahun 2003 yang menyebar dari China ke banyak negara lainnya.

Tim WHO dikatakan lebih lanjut, mengharapkan bisa mempunyai akses ke buku catatan dan data lab, baik dari peneliti junior maupun senior dan juga mengetahui protokol keselamatan untuk pengumpulan, penyimpanan, dan analisis sampel.

(DRM)

Comments