Tiket Pesawat Naik, Menhub Minta Masyarakat Terima Kebijakan Maskapai

Ekonomi & Bisnis

News / Ekonomi & Bisnis

Tiket Pesawat Naik, Menhub Minta Masyarakat Terima Kebijakan Maskapai

Tiket Pesawat Naik, Menhub Minta Masyarakat Terima Kebijakan Maskapai

KEPONEWS.COM - Tiket Pesawat Naik, Menhub Minta Masyarakat Terima Kebijakan Maskapai JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menilai naiknya harga tiket pesawat masih berada di bawah tarif batas atas sehingga sesuai dengan ketentuan dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub)...
Loading...

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menilai naiknya harga tiket pesawat masih berada di bawah tarif batas atas sehingga sesuai dengan ketentuan dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 14 Tahun 2016.

Seperti diketahui, harga tiket pesawat yang tengah mengalami kenaikan dikeluhkan masyarakat, hingga dibuat petisi untuk tarif batas atas tiket pesawat diturunkan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pun meminta masyarakat untuk memaklumi kondisi kenaikan harga tiket pesawat yang terjadi. Alasannya adalah kata dia, selama ini terjadi persaingan yang tidak sehat antar maskapai yaitu dengan perang harga.

Tiket Pesawat Mahal, Era Maskapai Murah Berakhir

Jadi saya imbau masyarakat siapa pun juga untuk memberikan toleransi," katanya ditemui di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (12/1/2018).

Meski demikian, Budi Karya menyatakan, pihaknya tetap meminta maskapai mempunyai penghitungan yang tepat dalam melakukan penyesuaian tarif. Kata dia, maskapai dihimbau melakukan kenaikan harga secara bertahap.

"Tetapi maskapai juga diminta jangan menaikkan terlalu tinggi. Jadi ada suatu harga tertentu di mana maskapai bisa menutup ongkos, tetapi warga tidak merasakan suatu kenaikan yang berlebih, jelas dia.

pesawat

Dia memaparkan, perang harga antar maskapai sudah terjadi semenjak beberapa tahun terakhir, sehingga kenaikan harga tiket pesawat saat ini sebenarnya kembali ke harga normal. Dampak kondisi ini membuat masyarakat seolah-olah merasakan harga tiket pesawat melonjak.

"Memang selama ini mereka perang tarif, begitu harganya normal seolah-seolah tinggi," imbuhnya.

Budi sendiri menyadari kenaikan harga tiket pesawat memang dikeluhkan masyarakat, kendati demikian pihaknya juga menilai perlu memperhatikan keberlangsungan industri penerbangan. Alasannya adalah, perang harga tak bisa terus dilakukan oleh maskapai.

Dia bahkan menyatakan, karena perang harga bahkan di beberapa negara banyak industri penerbangan yang mengalami kebangkrutan. "Kalau ini terus-terusan perang harga akan jadi masalah," katanya.

(kmj)

Loading...

Comments