Tidur 10 Jam Lebih per Hari, Apakah Berbahaya?

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Tidur 10 Jam Lebih per Hari, Apakah Berbahaya?

Tidur 10 Jam Lebih per Hari, Apakah Berbahaya?

KEPONEWS.COM - Tidur 10 Jam Lebih per Hari, Apakah Berbahaya? KEBANYAKAN orang mengeluh insomnia atau susah tidur. Namun sebenarnya tak sedikit juga yang malah punya kebiasaan tidur panjang. Secara normal usia dewasa muda durasi tidurnya itu 7-8 jam per hari. Ta...

KEBANYAKAN orang mengeluh insomnia atau susah tidur. Namun sebenarnya tak sedikit juga yang malah punya kebiasaan tidur panjang. Secara normal usia dewasa muda durasi tidurnya itu 7-8 jam per hari.

Tapi, apa jadinya kalau tidur lebih dari 10 jam? Ya, mungkin di antara Kamu ada yang tidur bisa lebih dari 10 jam per hari. Kondisi ini disebut dengan 'long sleep' dan apakah itu berbahaya untuk kesehatan?

tidur terlalu lama

Dijelaskan Dokter Spesialis Saraf dr Manfaluthy Hakim, SpS(K), sejatinya efek dari tidur panjang tersebut tidak ada. Namun, kebiasaan itu bisa menjadi tanda atau gejala kondisi tertentu.

"Kalau Kamu tidur panjang, ini harus dicari tahu penyebabnya, apakah ada penyakit yang tak terdeteksi, atau karena dari obat tertentu. Ya, harus diteliti lebih lanjut," papar dr Manfaluthy belum lama ini.

Tapi, salah satu kondisi penyakit yang bisa dikenali dari kebiasaan tidur panjang atau durasinya lebih dari normalnya ialah hypersomnolence.

Ini ialah penyakit kantuk berlebih yang dapat disebabkan oleh hal-hal di luar penyakit, misalnya meliputi jetlag, aktivitas berat, mengonsumsi makanan dalam jumlah besar, kehamilan, alkohol, atau sebelumnya sulit tidur.

Di sisi lain, Ahli Kedokteran Anak Prof Rini Sekartini menerangkan, sejatinya setiap rentang usia punya durasi tidur yang berbeda. Hal ini juga harus diperhatikan supaya Kamu tidak asal meng-cap tidur lama.

"Jangan kaget, anak pra sekolah itu harus tidur 10-13 jam per hari, beda dengan orang dewasa muda yang kisaran tidurnya berdurasi 7-8 jam yang ideal," katanya di acara serupa.

(DRM)

Comments