Tidak Hanya Dukungan Politik, Ini yang Sudah Dilakukan Indonesia Untuk Bela Palestina

Internasional

News / Internasional

Tidak Hanya Dukungan Politik, Ini yang Sudah Dilakukan Indonesia Untuk Bela Palestina

Tidak Hanya Dukungan Politik, Ini yang Sudah Dilakukan Indonesia Untuk Bela Palestina

KEPONEWS.COM - Tidak Hanya Dukungan Politik, Ini yang Sudah Dilakukan Indonesia Untuk Bela Palestina Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami JAKARTA Indonesia secara tegas menolak rencana aneksasi Israel ke wilayah Palestina. Saat pertama kali diumumkan rencana tersebut, Indonesia lewat Ment...

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

JAKARTA Indonesia secara tegas menolak rencana aneksasi Israel ke wilayah Palestina.

Saat pertama kali diumumkan rencana tersebut, Indonesia lewat Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menjadi negara pertama yang secara aktif menggalang dukungan menolak rencana tersebut.

Ratusan Orang Hadiri Pemakaman Ibrahim Abou Yacoub, Pria Palestina yang Ditembak Mati Tentara Israel

Menlu Retno mengirimkan surat ke lebih dari 40 Menlu negara kunci, yaitu negara anggota dewan keamanan PBB, negara-negara di OKI, sekjen PBB, presiden sidang umum PBB, ketua kelompok G-77, presiden gerakan non blok, serta presiden caption Liga Arab.

Isi surat tersebut antara lain mengajak seluruh masyarakat internasional untuk menolak rencana aneksasi tersebut yang ilegal dan bertentangan dengan hukum internasional, ujar Menlu di webinar internasional yang diselenggarakan MUI, Kamis (16/7/2020).

Menlu berujar hampir semua negara merespon positif ajakan Indonesia, menlu China, Rusia, Jepang, Afrika Selatan, Vietnam, Mesir, Irlandia, Perancis, Malaysia, Tunisia, Arab Saudi, serta sekjen PBB dan OKI.

Tidak hanya itu, Indonesia juga memberikan dukungan finansial dan dukungan lain termasuk dukungan capacity building kepada Palestina.

Menlu berujar Indonesia telah memberikan komitmen bantuan kepada pemerintah Palestina maupun kepada masing-masing sebesar USD 1 juta serta USD 500 ribu melalui Palang Merah Internasional atau ICRC.

Pemerintah Indonesia juga meningkatkan kontribusi rajin untuk pengungsi Palestina melalui UNRWA. Dengan demikian Indonesia tidak saja terus memberi dukungan politik, namun juga memberi dukungan keuangan dan dukungan dalam bentuk lain termasuk pemberian capacity building kepada saudara-saudara kita, ujarnya.

Lebih dari satu decade, Indonesia telah memberikan bantuan pengembangan kapasitas lebih dari USD 8 juta kepada Palestina untuk melaksanakan sebanyak 170 jenis pelatihan kepada lebih dari 2000 masyarakat Palestina dan

Tidak Hanya Dukungan Politik, Ini yang Sudah Dilakukan Indonesia Untuk Bela Palestina

Comments