The 5th CTF Summit Tak Hanya Terfokus Pada Pendanaan Teroris Saja, Tapi Kejahatan Keuangan Lain

Internasional

News / Internasional

The 5th CTF Summit Tak Hanya Terfokus Pada Pendanaan Teroris Saja, Tapi Kejahatan Keuangan Lain

The 5th CTF Summit Tak Hanya Terfokus Pada Pendanaan Teroris Saja, Tapi Kejahatan Keuangan Lain

KEPONEWS.COM - The 5th CTF Summit Tak Hanya Terfokus Pada Pendanaan Teroris Saja, Tapi Kejahatan Keuangan Lain JAKARTA Pelaksanaan the 5th Counter-Terrorism Summit (CTF Summit) dimulai hari ini, Selasa (12/11/2019)di Manila, Filipina. Pada penyelenggaraan tahun ke lima, CTF Summit memperluas cakupannya yang k...

JAKARTA Pelaksanaan the 5th Counter-Terrorism Summit (CTF Summit) dimulai hari ini, Selasa (12/11/2019)
di Manila, Filipina.

Pada penyelenggaraan tahun ke lima, CTF Summit memperluas cakupannya yang kini tidak lagi hanya terfokus pada aspek pendanaan terorisme, tetapi juga mengangkat isu-isu untuk mengatasi ancaman regional yang signifikan seperti penyalahgunaan teknologi keuangan baru, korupsi, serta kejahatan berbasis korban seperti perdagangan manusia, perdagangan satwa liar yang dilindungi, hingga
perdagangan dan eksploitasi seksual pada anak.

CTF Summit juga akan menjadi forum strategis yang mendiskusikan perihal munculnya teknologi keuangan baru, pencucian uang, dan ancaman pendanaan terorisme di daerah regional.

Kemitraan strategis dalam penyelenggaraan the 5th CTF Summit antara PPATK, AUSTRAC, dan AMLC.

CTF Summit menjadi forum yang menghimpun para pegiat intelijen keuangan bersama dengan perwakilan dari Lembaga Pengawas dan Pengatur (LPP), penyelenggara di bidang keamanan nasional, aparat penegak hukum, industri, dan akademisi dari banyak sekali daerah di dunia.

Gandeng PPATK dan Perbankan, Polri Siap Blokir Rekening Lembaga Pengumpul Dana untuk Teroris

PPATK Tunggu Permintaan Polri Soal Peredaran Dana Kerusuhan 22 Mei

Polri Kerjasama dengan PPATK Dalami Peredaran Dana yang Diterima Mastermind JAD di Indonesia

Menanggulangi aksi terorisme mensyaratkan adanya kerja sama yang baik dari para pemangku kepentingan, baik lokal maupun internasional, kata Chairman AMLC, Benjamin E. Diokno dalam keterangan pers yang diberikan PPATK kepada Tribunnews. Selasa (12/11/2019).

Melalui kesempatan ini, kolaborasi di banyak sekali sektor untuk menanggulangi terorisme menjadi mungkin. CTF Summit akan menjadi forum strategis dalam merumuskan taktik untuk mengatasi terorisme sekaligus pendanaannya, ujar Diokno.

Diokno juga menekankan bahwa CTF Summit kali ini akan menembus topik ruang lingkup pendanaan terorisme sebagaimana namanya, karena akan membahas juga topik terkait pencucian uang dan kejahatan keuangan lainnya yang terus berkembang dan makin kompleks.

CEO AUSTRAC, Nicole Rose PSM mengatakan CTF Summit makin berkembang, dan telah menjadi contoh kerjasama multilateral yang mendapatkan pengakuan global, khususnya pada pendanaan terorisme dan kejahatan transnasional lainnya.

Teroris dan organisasi kriminal lainnya berkembang pesat dengan jejaring yang semakin mengglobal, disertai dengan canggihnya teknologi yang mereka gunakan. Karena itulah, penting bagi kita di wilayah regional untuk bersatu memerangi ancaman ini bersama. CTF Summit akan terus menjadi wadah dari inisiatif regional guna memerangi kejahatan yang bersifat transnasional, dan kerja sama dari para pihak
terkait di forum ini saya yakini akan makin menguat, kata Rose.

The 5th CTF Summit Tak Hanya Terfokus Pada Pendanaan Teroris Saja, Tapi Kejahatan Keuangan Lain

Comments