Tes keperawanan: Prosedur 'tes dua jari' yang dipertanyakan dan berujung pada usulan RUU larangan

Internasional

News / Internasional

Tes keperawanan: Prosedur 'tes dua jari' yang dipertanyakan dan berujung pada usulan RUU larangan

Tes keperawanan: Prosedur 'tes dua jari' yang dipertanyakan dan berujung pada usulan RUU larangan

KEPONEWS.COM - Tes keperawanan: Prosedur 'tes dua jari' yang dipertanyakan dan berujung pada usulan RUU larangan Seorang anggota parlemen negara bagian New York mengusulkan rancangan undang-undang melarang tes keperawanan dengan prosedur "dua jari" yang dipertanyakan kesahihan secara ilmiah. Pemicu usulan RUU it...

Seorang anggota parlemen negara bagian New York mengusulkan rancangan undang-undang melarang tes keperawanan dengan prosedur "dua jari" yang dipertanyakan kesahihan secara ilmiah.

Pemicu usulan RUU itu merupakan pernyataan seorang penyayi rap, T.I atau Clifford Harris bahwa ia menemani anaknya, Deyjah Harris, 18 tahun, ke ginekolog setiap tahun untuk tes keperawanan.

Pernyataan T.I bulan lalu menyebabkan kemarahan di sosmed dan memicu percakapan di seputar prosedur tes selaput dara yang disebut para ilmuwan tidak didukung oleh bukti dan melanggar hak asasi perempuan.

Hingga saat ini, tidak ada aturan yang melarang tes keperawanan di Amerika Serikat.

Michaelle SolagesGetty Images Anggota parlemen negara bagian New York Michaelle Solages merasa "jijik" mendengar pernyataan soal tes keperawanan. Bentuk kekerasan terhadap perempuan

"Saya merasa jijik," kata Michaelle Solages, parlemen negara bagian New York dari Partai Demokrat yang mengusulkan agar praktik tes keperawanan itu dihapuskan.

"Ini merupakan bentuk kekerasan terhadap perempuan," katanya kepada BBC.

Rancangan undang-undang serupa juga diusulkan di Senat Negara Bagian New York, dan sedang dalam pertimbangan komite di dalam senat.

"Praktik ini sangat mengganggu, tak ada nilai medisnya dan tidak boleh disediakan sebagai pilihan di negara bagian ini, atau di manapun," kata Melissa DeRosa dari lembaga State Council on Women and Girls.

Tes selaput dara ilegal

Dalam RUU yang diajukan oleh Michaelle Solages ini, praktik memeriksa selaput dara untuk tes keperawanan akan dinyatakan ilegal.

Dokter yang melakukannya akan dianggap melakukan tindak pidana dan dicabut izin praktiknya.

Comments