Terungkap, Rahasia Memasak Poach Egg yang Sempurna

Lifestyle & Fashion

Life & Style / Lifestyle & Fashion

Terungkap, Rahasia Memasak Poach Egg yang Sempurna

Terungkap, Rahasia Memasak Poach Egg yang Sempurna

KEPONEWS.COM - Terungkap, Rahasia Memasak Poach Egg yang Sempurna Bicara soal memasak telur, mungkin yang paling sulit ialah memasak menu poach egg yang tepat. Poach egg merupakan telur yang dimasak di luar cangkang atau kulitnya, dengan metode poaching atau merebus...

Bicara soal memasak telur, mungkin yang paling sulit ialah memasak menu poach egg yang tepat. Poach egg merupakan telur yang dimasak di luar cangkang atau kulitnya, dengan metode poaching atau merebus dengan suhu sedang.

Poach egg yang tepat merupakan bagian kuningnya berada di bagian dalam dan tertutup tepat oleh putih telur. Bagian putihnya juga harus bertekstur lembut, berbeda dengan ketika telur direbus di dalam cangkang. Kemudian bagian kuningnya harus masih dalam kondisi setengah matang, sehingga saat telur dibelah kuningnya lumer dan mengalir keluar.

Untuk membuat poach egg, biasanya air yang digunakan diberi sedikit cuka agar putih telur menyatu dan tidak hancur saat telur dimasukkan ke dalam air.

Sulit sekali untuk menguasai teknik poaching ini. Kalau Kamu bukan seorang profesional di dapur, kemungkinan untuk bisa membuat menu ini dalam sekali percobaan sangatlah kecil. Bahkan walaupun Kamu jago atau hobi memasak pun belum tentu Kamu langsung bisa membuat poach egg saat pertama kali mencoba.

Ilustrasi pouch egg.

Namun, kalau Kamu ingin belajar dan menguasai tekniknya, ada trik yang bakal membantu. Ini ialah trik dari seorang juru masak legendaris sepanjang masa, Julia Child, yang ia tulis di buku masaknya.

Triknya sangat sederhana. Yang pertama ia menyarankan untuk selalu memakai telur segar.

image_title

5 Ide Brilian Memasak Memakai Roti Sisa di Rumah

image_title

Tips Memakai Wajan Cast Iron Agar Lebih Awet dan Tahan Lama

image_title

Terungkap, Alasan Orang Menangis Saat Mengiris Bawang

"Telur yang segar kuningnya berbentuk tepat dan putihnya menempel ke bagian kuning dengan jumlah yang pas. Hanya ada sedikit cairan seperti air yang terpisah dari bagian putihnya," tulis Child dalam bukunya, dikutip dari Food Beast, Senin, 18 Februari 2019.

Ilustrasi telur.

Nah, trik rahasia Child membuat poach egg yang tepat ialah dengan merebusnya terlebih dahulu di dalam cangkangnya. Ini bertujuan agar bagian putihnya sedikit lebih padat sehingga saat metode poaching bisa menyelimuti kuning telur dengan baik.

"Jikalau telur yang Kamu gunakan tidak segar, rebus telur terlebih dahulu di dalam cangkangnya selama 8 sampai 10 detik sebelum di-poaching," jelasnya.

"Ini akan memadatkan putih telur sehingga bentuknya akan bertahan di sekitar bagian kuningnya ketika telur dimasukkan ke dalam air," tutupnya.(nsa)

Comments