Terungkap Fakta Mumi Misterius Ini, Ternyata Bukan Orang Sembarangan

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Terungkap Fakta Mumi Misterius Ini, Ternyata Bukan Orang Sembarangan

Terungkap Fakta Mumi Misterius Ini, Ternyata Bukan Orang Sembarangan

KEPONEWS.COM - Terungkap Fakta Mumi Misterius Ini, Ternyata Bukan Orang Sembarangan Ilustrasi mumi. (pixabay/albertr) Para arkeolog telah lama meneliti temuan mumi yang mengenakan topi kerucut di Mesir. Terkini, diungkap fakta lain terkait budaya Mesir kuno terkait pemakaian tutup ke...

Ilustrasi mumi. (pixabay/albertr)

Para arkeolog telah lama meneliti temuan mumi yang mengenakan topi kerucut di Mesir. Terkini, diungkap fakta lain terkait budaya Mesir kuno terkait pemakaian tutup kepala ini.

Dari temuan mumi topi kerucut di Mesir inilah, akhirnya didapati penggunakan tutup kepala khusus untuk orang-orang tertentu di masa itu.

Mumi topi kerucut ini sendiri ditemukan di Amarna Mesir Kuno yang sebelumnya dibangun oleh Firaun Akhenaten dan dihuni sekitar tahun 1347 SM hingga 1332 SM. Amarna merupakan kuburan orang biasa pada masa itu.

Dikutip dari Live Science, arkeolog Anna Stevens dari Monash University di Melbourne, Australia yang menemukan mumi topi kerucut tersebut. Setidaknya, ada dua topi kerucut yang ditemukan pada mumi ini.

Satu topi kerucut digunakan oleh mumi seorang wanita berusia 20 tahun. Sedangkan topi kerucut yang kedua digunakan oleh mumi seorang pria berusia 15 tahun hingga 20 tahun.

Mumi dengan topi kerucut. (Amarna Project)Mumi dengan topi kerucut. (Amarna Project)

Bukan topi kerucut biasa, berdasarkan penelitian dan x-ray yang dilakukan, ditemukan bahwa topi tersebut kemungkinan terbuat dari lilin lebah dan mengandung lemak hewani atau lilin dengan zat resin pohon.

Penemuan mumi dengan topi kerucut ini mengungkap fakta mengenai kebiasaan orang Mesir Kuno yang menganggap topi kerucut sebagai bagian budaya yang sudah tentu diketahui.

Topi kerucut diduga digunakan oleh orang-orang terkemuka pada zaman Mesir Kuno dulu yaitu pada 3.550 hingga 2.000 tahun yang lalu.

Mumi dengan topi kerucut. (Amarna Project)Mumi dengan topi kerucut. (Amarna Project)

Sayangnya, seiring berjalannya waktu, sebelum ditemukan mumi dengan topi kerucut ini belum ada bukti yang mengungkap bahwa topi kerucut ialah bagian budaya Mesir Kuno.

Penemuan mumi dengan topi kerucut di Mesir ini jelas saja menjadi bukti bahwa bahwa aksesoris kepala tersebut benar merupakan bagian dari seni dan budaya orang-orang Mesir Kuno.

Mumi topi kerucut ini mengungkap fakta budaya Mesir kuno terkait tutup kepala. Dan bukan semarang orang yang dimumikan dengan topi semacam ini.

Comments