Terumbu Karang Labuan Bajo Dilaporkan Mengalami Kerusakan

Spots & Destinasi

Travel / Spots & Destinasi

Terumbu Karang Labuan Bajo Dilaporkan Mengalami Kerusakan

Terumbu Karang Labuan Bajo Dilaporkan Mengalami Kerusakan

KEPONEWS.COM - Terumbu Karang Labuan Bajo Dilaporkan Mengalami Kerusakan Selasa, 15 Agustus 2017 | 19:51 WIBSejumlah ikan berenang di perairan Labuan Bajo, 5 Mei 2017. Keindahan bawah laut di Labuan Bajo menjadi pilihan tersendiri bagi para wisatawan baik lokal maupun manc...

Selasa, 15 Agustus 2017 | 19:51 WIBSejumlah ikan berenang di perairan Labuan Bajo, 5 Mei 2017. Keindahan bawah laut di Labuan Bajo menjadi pilihan tersendiri bagi para wisatawan baik lokal maupun mancanegara, dengan berbagai lokasi menyelam yang menawarakan pemandangan bawah laut yang berbeda-beda, menjadikan kawasan itu sebagai salah satu surga bagi para penikmat wisata bawah air, salah satunya manta point . ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Sejumlah ikan berenang di perairan Labuan Bajo, 5 Mei 2017. Keindahan bawah laut di Labuan Bajo menjadi pilihan tersendiri bagi para wisatawan baik lokal maupun mancanegara, dengan banyak sekali lokasi menyelam yang menawarakan pemandangan bawah laut yang berbeda-beda, menjadikan daerah itu sebagai salah satu surga bagi para penikmat wisata bawah air, salah satunya manta point . ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja.

Jakarta - Pemerhati lingkungan Gabriel Mahal melaporkan terjadinya kerusakan terumbu karang di Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur (NTT) kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI. Kerusakan itu diduga disebabkan oleh perjalanan transportasi laut atau kapal pengangkut wisatawan.

"Kapal yang hilir mudik di Labuan Bajo kerap sembarang melakukan lego jangkar dan bahkan menabrak terumbu karang," kata Gabriel di Jakarta, Senin, 14/8. Menurut dia kerusakan terumbu karang itu telah meresahkan warga sekitar.

Labuan Bajo ialah salah satu destinasi terbaik di Indonesia yang berdekatan dengan obyek wisata Taman Nasional Komodo.

Gabriel menuding instansi berwenang lemah dalam mengawasi dan menerbitkan perizinan terhadap kelaikan kapal laut, kompetensi kapten kapal dan kontrol lalu lintas barang ilegal. Akibatnya lalu lintas laut di perairan Labuan Bajo padat dan kerap terjadi kecelakaan. Dalam beberapa waktu terakhir tercatat terjadi tiga kali kapal tenggelam.

Masyarakat Labuan Bajo, kata Gabriel, pernah melaporkan kerusakan terumbu karang itu kepada Balai Taman Nasional Komodo (BTNK). "Namun tidak mendapatkan respon positif," kata dia.

"Kapal yang merusak terumbu karang harus ditindak tegas sesuai prosedur," ujar tokoh NTT itu.

ANTARA

Comments