Ternyata Tidak Ada Ular di Irlandia, Ini Penyebabnya

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Ternyata Tidak Ada Ular di Irlandia, Ini Penyebabnya

Ternyata Tidak Ada Ular di Irlandia, Ini Penyebabnya

KEPONEWS.COM - Ternyata Tidak Ada Ular di Irlandia, Ini Penyebabnya Ilustrasi ular. (Pixabay/Huskyherz) Tahukah kamu kalau tidak ada ular di Irlandia yang hidup bebas di alam liar. Banyak mempercayai karena adanya St. Patrick yang melindungi mereka dari ular. Karena...

Ilustrasi ular. (Pixabay/Huskyherz)

Tahukah kamu kalau tidak ada ular di Irlandia yang hidup bebas di alam liar. Banyak mempercayai karena adanya St. Patrick yang melindungi mereka dari ular.

Karena itu ada hari St. Patrick dirayakan umat Katolik di seluruh dunia pada 17 Maret untuk menghormati St. Patrick.

Menurut legenda, Santo pelindung Irlandia mengejar reptil dan mengusirnya ke laut setelah mereka mulai menyerang selama 40 hari saat santo sedang puasa di atas bukit.

Atas dasar cerita tersebut, tidak adanya ular asli Irlandia pada waktu sekarang disebabkan karena perlindungan dari Santo pelindung Irlandia.

Beberapa ilmuwan mengadakan penelitian untuk membuktikan mengapa ular tidak ada di pulau ini secara ilmiah.

Seperti yang telah diketahui, Irlandia merupakan satu diantara segelintir tempat dimana tidak ada ular yang menempati tempat tersebut.

Beberapa tempat lain yang bebas ular merupakan Selandia Baru, Islandia, Greenland, dan Antartika .

SumberIlustrasi hari St. Patrick. (Hawaiian Island)

Dikutip dari National Geographic, Monagahan, seorang penjaga sejarah alam di National Museum of Ireland memaparkan bahwa ia telah meneliti koleksi fosil dan catatan lain dari hewan Irlandia.

Dia tidak menemukan bukti adanya fosil ular di masa lalu di Irlandia.

Kenapa tidak ada ular di Irlandia ini? Ilmuwan mengatakan bahwa kemungkinan ular tidak bisa mencapai Irlandia.

Sabagian besar ilmuwan berpendapat pada saat Zaman es, pulau Irlandia terlalu dingin untuk reptil sampai berakhir pada 10.000 tahun lalu.

Setelah Zaman Es berakhir, laut di sekitarnya mungkin mencegah ular bermigrasi di daerah ini.

Setelah zaman es berakhir, Mammoth mundur ke daerah di utara, ular kembali ke Eropa utara dan barat, menyebar sampai ke Lingkar Arktik. Namun ular tidak pernah ada di Irlandia selama ribuan tahun.

Inggris yang mempunyai jembatan darat ke daratan Eropa hingga sekitar 6.500 tahun yang lalu, dijajah oleh tiga spesies ular: ular berbisa, ular rumput, dan ular biasa.

Tapi hubungan tanah Irlandia dengan Inggris terputus sekitar 2.000 tahun sebelumnya oleh laut yang diakibatkan oleh gletser yang mencair.

Sumber: National GeographicWilayah persebaran ular di dunia. (National Geographic).

Hewan yang berhasil mencapai Irlandia sebelum laut menjadi penghalang ialah beruang coklat, babi hutan, dan sejenis kucing liar. Monaghan menambahkan bahwa ular tidak pernah berhasil mencapai Irlandia.

Terkait dengan legenda tersebut, beberapa sumber mengatakan bahwa kisah tersebut berifat alegoris. Ular merupakan simbol kejahatan dalam tradisi agama samawi.

Ular digambarkan sebagai wujud setan yang membisiki Adam dan Hawa yang membuat mereka diturunkan di Bumi. Tindakan pengusiran ular oleh St. Patrick bisa dilihat sebagai metafora dalam pengaruhnya.

Itulah kenapa tidak ada ular di Irlandia menurut para ilmuwan. Yang ternyata karena memang tidak ada persebaran ular yang bisa menjangkau wilayah ini.

Comments