Ternyata Kelapa Sawit Mengandung Zat Ini, Tak Cuma Campuran B30

Ekonomi & Bisnis

News / Ekonomi & Bisnis

Ternyata Kelapa Sawit Mengandung Zat Ini, Tak Cuma Campuran B30

Ternyata Kelapa Sawit Mengandung Zat Ini, Tak Cuma Campuran B30

KEPONEWS.COM - Ternyata Kelapa Sawit Mengandung Zat Ini, Tak Cuma Campuran B30 JAKARTA - Selain menjadi campuran dalam Biodiesel atau B30, ternyata minyak kelapa sawit bisa digunakan untuk hal lainnya. Dalam konteks kefarmasian, kegunaan minyak kelapa sawit menjadi sebuah fenome...

JAKARTA - Selain menjadi campuran dalam Biodiesel atau B30, ternyata minyak kelapa sawit bisa digunakan untuk hal lainnya. Dalam konteks kefarmasian, kegunaan minyak kelapa sawit menjadi sebuah fenomena menarik untuk para peneliti.

Kepala PUI-PT Nutrasetikal-Pusat Penelitian Biosains dan Bioteknologi ITB Elfahmi mengatakan, kandungan dalam kelapa sawit bisa dimanfaatkan menjadi bahan baku obat suplemen makanan yang saat ini mayoritas masih diimpor.

"Ini jadi tugas kita mengimplementasikannya karena prospeknya luar biasa. Karena selama ini sawit itu hanya digunakan minyaknya saja, tapi banyak kandungan yang bisa dieksplor ini," ujar Elfahmi dalam Webinar bertajuk Prospek Usaha Vitamin A & E Berbasis Minyak Kelapa Sawit, Rabu (9/12/2020).

Sawit Indonesia Didiskriminasi, Persaingan Dagang Komoditas di Dunia

Dalam konteks kefarmasian, Elfahmi memaparkan, senyawa murni dari vitamin A dan E, darimana pun sumbernya mempunyai efek yang sama, termasuk yang terdapat dalam kandungan kelapa sawit.

"Kalau tidak dalam bentuk murni ini juga bisa dalam bentuk ekstrak kasar dan bisa dimasukkan dalam obat herbal. Ini peluang yang luar biasa lebar. Kesulitan kita merupakan bahan baku yang kita produksi ada sertifikat analisis mengikuti high grade," kata dia.

Ekspor CPO Sepanjang Tahun Ini Diprediksi Turun 5%

Comments