Ternyata Ini Biang Kerok yang Bisa Bikin Jakarta Tenggelam

Ekonomi & Bisnis

News / Ekonomi & Bisnis

Ternyata Ini Biang Kerok yang Bisa Bikin Jakarta Tenggelam

Ternyata Ini Biang Kerok yang Bisa Bikin Jakarta Tenggelam

KEPONEWS.COM - Ternyata Ini Biang Kerok yang Bisa Bikin Jakarta Tenggelam JAKARTA - Kondisi lingkungan yang kurang baik membuat DKI Jakarta terancam tenggelam. Pasalnya setiap tahun kondisi permukaan tanah di Jakarta terus mengalami penurunan beberapa sentimeter. Kepala Bad...

JAKARTA - Kondisi lingkungan yang kurang baik membuat DKI Jakarta terancam tenggelam. Pasalnya setiap tahun kondisi permukaan tanah di Jakarta terus mengalami penurunan beberapa sentimeter.

Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rudy Sunendar mengatakan, ada beberapa hal yang menyebabkan permukaan air tanah mengalami penurunan. Misalnya terlalu berlebihnya penggunaan air di dalam tanah sehingga membuat permukaan tanah ikut tergerus dan turun.

Menteri Jonan: Air Laut Sudah Sampai Monas

Bagaimana tidak, 50% penduduk bumi masih tergantung pada air tanah untuk banyak sekali kebutuhan dasar . Sementara itu 70% air tanah dipergunakan untuk pemenuhan kebutuhan air bersih rumah tangga.

Asal tahu saja, Jakarta masih bergantung pada air tanah sebagai sumber air bersih. Sedangkan baru 40% yang memakai air dari PDAM ataupun sumber air lainnya.

Jakarta

"Perubahan di dalam suatu batuan karena di situ pori-pori yang semula berisi air jadi kosong karena disedot," ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (15/10/2019).

Sementara itu, sudah padatnnya daerah serapan air membuat kondisi air tanah tidak begitu seimbang. Untuk itu, lanjut Rudy, pemerintah akan membangun sumur-sumur resapan air lagi untuk mengisi ulang cadangan air tanah yang terus dikuras.

Bukti Jakarta Tenggelam, Tanah di Ancol Paling Cepat Turun

Asal tahu saja, untuk daerah resapan air yang berada di daerah Jabodetabek berada di daerah Depok. Saat ini daerah Depo sudah dipenuhi oleh bangunan rumah maupun pusat komersil.

Secara Geologi, Depok memang merupakan daerah resapan. Yang sudah terbangunnya bukan 10, 20 tahun sudah lama. Upayanya di dalam sumur resapan di daerah sehingga airnya tidak jadi runput airnya meresap, katanya.

Selain itu, lanjut Rudy, faktor penurunan permukaan tanah juga diakibatkan oleh beban permukaan tanah yang terlalu berlebih karena dibangunnya banyak bangunan pencakar langit. Dengan begitu beban permukaan tanah semakin berat dan membebani lapisan di bawahnya.

Selanjutnya

Comments