Ternyata Ini Alasan di Balik Keidentikan Jeruk Dengan Perayaan Imlek

Trending

Fun / Trending

Ternyata Ini Alasan di Balik Keidentikan Jeruk Dengan Perayaan Imlek

Ternyata Ini Alasan di Balik Keidentikan Jeruk Dengan Perayaan Imlek

KEPONEWS.COM - Ternyata Ini Alasan di Balik Keidentikan Jeruk Dengan Perayaan Imlek Pada tau gak sih kalo perayaan imlek itu juga punya beberapa hal yang melekat di dalamnya? Kayak, kenapa selalu ada jeruk setiap perayaan imlek, terus kenapa baju yang dipake harus merah. Buat kalian...

Pada tau gak sih kalo perayaan imlek itu juga punya beberapa hal yang melekat di dalamnya? Kayak, kenapa selalu ada jeruk setiap perayaan imlek, terus kenapa baju yang dipake harus merah. Buat kalian yang belum tau, kita kasih tau nih rahasianya:

1. Selalu ada jeruk mandarin

Tau gak kenapa selalu ada jeruk pas perayaan imlek? Sebenernya jeruk itu simbol. Karena dalam Bahasa China, jeruk itu disebut "chi zhe", chi artinya rejeki, dan zhe artinya buah. Jadi kalo digabungin tuh jadi buah rejeki gitu. Itu dia kenapa yang dipake jeruk, bukan nanas ato pun buah salak.

2. Baju warna merah

Selain jeruk, imlek itu identik banget sama pakaian warna merah. Bukan berarti make warna merah tuh ngedukung partai X loh ya. Tapi, karena merah punya arti keberuntungan dan keselamatan. Jadi itu dia kenapa yang dipake bukan warna item, kalo item kan berkabung.

3. Identik dengan angpao

Gak cuma itu loh, angpao melekat banget sama imlek. Bukan semata-mata cuma untuk menyebarkan, tapi itu ada legendanya. Jadi, angpao ialah perkembangan dari tradisi Ya Sui Qian yang artinya mengusir setan dan raksasa yang mengganggu anak-anak. Itu kenapa yang boleh ngasih angpao itu cuman orang yang sudah menikah. Jadi, kalo kamu belum nikah, setua apapun kamu, tetap bisa dapat angpao tanpa harus ngasih angpao.

4. Gak boleh nyapu

via GIPHY

Kalo imlek, kamu gak boleh nyapu loh. Bukan berarti rumah gak boleh dibersihin, tapi emang udah adatnya begitu. Karena menyapu pas hari imlek dianggap akan membawa nasib buruk untuk setahun ke depan. So, jangan nyapu ya! Tapi, tetap jaga kebersihan!

5. Gak boleh makan durian

Pas imlek tuh ternyata gak boleh sembarangan makan. Kamu gak boleh makan buah durian, tau gak kenapa? Soalnya, buah durian tuh kulitnya tajem, nanti, untuk kehidupan selanjutnya dianggap kayak bakalan makin susah gitu. Padahal kalo makan durian kan yang dimakan buahnya, bukan kulit. Jadi, gimana ya, enaknya?

6. Gak boleh makan bubur

Kalo kamu suka makan bubur, pas imlek itu kamu gak boleh makan bubur. Mau tau gak kenapa? Soalnya, makan bubur itu menggambarkan kemiskinan, karena bubur gak bikin kenyang. Sedangkan, imlek merupakan perayaab tahun baru, dan harus disambut dengan makanan yang sederhana tapi menyehatkan. Jadi, kalo pas imlek, jangan makan bubur ya!

7.Perihal potong rambut

via GIPHY

Menjelang imlek kamu harus banget potong rambut. Karena potong rambut itu menggambarkan buang sial. Tapi, jangan salah paham dulu, kamu itu gak boleh potong rambut pas hari imlek, soalnya itu berarti buang keberuntungan. Nah, loh, bingungkan...

Jadi, kamu masih penasaran gak rahasia di balik imlek, atau kamu punya referensi lain? Share ya!

Comments