Ternyata Banyak Anak Indigo di Sekitar Kita, Ini Cara Mengenalinya

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

Ternyata Banyak Anak Indigo di Sekitar Kita, Ini Cara Mengenalinya

Ternyata Banyak Anak Indigo di Sekitar Kita, Ini Cara Mengenalinya

KEPONEWS.COM - Ternyata Banyak Anak Indigo di Sekitar Kita, Ini Cara Mengenalinya Anak indigo ialah anak yang memiliki indra keenam. Anak indigo memiliki otak yang cerdas. Namun, karena indra keenamnya, kecerdasannya sering disalahpahami. Kesalahpahaman yang paling sering ialah ana...

Anak indigo ialah anak yang memiliki indra keenam.

Anak indigo memiliki otak yang cerdas. Namun, karena indra keenamnya, kecerdasannya sering disalahpahami. Kesalahpahaman yang paling sering ialah anak indigo dianggap sebagai anak pembangkang yang tidak disiplin dan sulit diatur.

Anak Indigo

Karena itu, orang tua harus mengenal karakteristik anak indigo agar tidak salah mengarahkan dan bisa mendidik anak indigo dengan tepat. Karakteristik tersebut di antaranya:

1. Sangat peka dalam melihat, mendengar, atau mengetahui sesuatu, termasuk mengetahui keberadaan Tuhan, sehingga ia memiliki kesadaran yang tinggi akan Tuhan.

2. Memiliki keinginan yang kuat dan mandiri dalam melakukan apa yang ada di pikirannya. Keinginan dan kemandirian ini lebih mencuat daripada kepatuhannya pada perintah orang lain.

3. Kreatif dalam berpikir dan menggunakan otak kanan, namun ia juga tidak mengalami kesulitan dalam menggunakan otak kiri, terutama dalam kegiatan belajar di sekolah.

4. Memperlihatkan ketidakteraturan perhatiannya terhadap suatu hal, padahal itu karena mereka harus selalu bergerak agar selalu fokus.

5. Sangat cepat memberi reaksi sehingga tampak seperti cemas, depresi, bahkan stres.

6. Apabila keinginannya tidak terpenuhi, ia tampak seperti hanya peduli pada dirinya.

Melihat karakteristik anak indigo yang demikian, diharapkan perlakuan khusus dalam mendidik anak indigo agar bakatnya tidak sia-sia dan dapat berkembang secara maksimal.

Perlakuan khusus tersebut seperti:

1. Jangan lecehkan mereka. Hadapi dan perlakukan anak indigo dengan penuh penghargaan.

2. Tunjukkan Anda peduli pada mereka dengan mendengarkan pendapat mereka.

3. Beri kesempatan agar kemampuan mereka berkembang dengan menyediakan pilihan yang memungkinkan mereka memilih sesuai keinginan secara bertanggung jawab.

4. Beri perlakuan yang adil dan baik, bukan perlakuan yang mengontrol, apalagi mengekang.

5. Bila anak indigo menunjukkan depresi atau stres, bantulah mereka untuk meredakannya dengan melakukan sesuatu yang menyenangkannya, seperti menggambar atau menyanyi.

Demikian, semoga bermanfaat.

Comments