Ternyata Ada 8 Spesialis Dokter Gigi, Anda Mesti Tahu Sebelum Periksa Gigi di Rumah Sakit!

Kesehatan

Life & Style / Kesehatan

Ternyata Ada 8 Spesialis Dokter Gigi, Anda Mesti Tahu Sebelum Periksa Gigi di Rumah Sakit!

Ternyata Ada 8 Spesialis Dokter Gigi, Anda Mesti Tahu Sebelum Periksa Gigi di Rumah Sakit!

KEPONEWS.COM - Ternyata Ada 8 Spesialis Dokter Gigi, Anda Mesti Tahu Sebelum Periksa Gigi di Rumah Sakit! KETIKA Kamu sakit gigi, pasti Kamu direkomendasikan untuk memeriksakan kondisi gigi di Poli Gigi. Secara general seperti itu. Tapi, tahukah Kamu bahwa di dunia dokter gigi, mereka dibagi jenisnya dala...

KETIKA Kamu sakit gigi, pasti Kamu direkomendasikan untuk memeriksakan kondisi gigi di Poli Gigi. Secara general seperti itu.

Tapi, tahukah Kamu bahwa di dunia dokter gigi, mereka dibagi jenisnya dalam jenis spesialisasi dokter gigi. Hal ini perlu diharapkan karena setiap masalah gigi ternyata punya "ahlinya" sendiri dan hal ini perlu Kamu ketahui agar tidak salah mengunjungi dokter gigi.

Dikutip dari beberapa sumber, dijelaskan di sana bahwa spesialis dokter gigi ini terbagi atas 8 jenis, apa saja itu?

1. Pedodontis (Sp.KGA)

Secara sederhana ini ialah dokter gigi spesialis kedokteran gigi anak. Dokter dengan kemampuan ini akan melakukan pencegahan dan perawatan semua kelainan dan penyakit pada gigi dan mulut anak secara komprehensif, baik anak yang normal mau pun anak dengan kebutuhan khusus.

2. Ortodontis (Sp.Ort)

Kalau dokter yang satu ini biasanya menangani pasien-pasien yang ingin mendapatkan bentuk gigi yang lebih tepat. Alasannya adalah, mereka memang ahlinya dalam meratakan gigi.

3. Endodontis (Sp.KG)

Dokter gigi speslias endodontis ialah dokter yang bisa menangani masalah gigi secara estetika. Alasannya adalah, mereka ini biasa juga disebut dengan dokter spesialis konservasi. Jadi, dokter ini bisa memberikan pencegahan dan penanggulangan karies, restorasi, kosmetik gigi, perawatan endodontik konvensional, bahkan melakukan bedah.

Intip 4 Gaya Busana Habib 'Bule', Habib Bahar Smith yang Ditolak Masuk Manado

4. Periodontis (Sp.Perio)

Dokter gigi ini ahlinya dalam jaringan penyangga gigi. Dijelaskan bahwa dokter gigi Periodontis bisa melakukan perawatan penyakit atau kelainan gusi dan jaringan penyangga pada gigi lainnya.

periksa gigi

5. Bedah Mulut (Sp.BM)

Jikalau Kamu ingin mencabut gigi, maka dokter dengan gelar Sp.BM lah yang bisa melakukan tugas itu dengan baik dan profesional. Tidak hanya mencabut gigi, mereka juga ahli dalam operasi sumbing.

4 Perempuan Menari Erotis di Upacara Pemakaman Sahabatnya, Videonya Viral di Medsos!

6. Prostodontis (Sp.Pros)

Kalau dokter spesialis ini ahlinya dalam mencipta gigi palsu. Secara detail, kemampuan dokter gigi spesialis prostodontis ini ialah mereka mahir dalam membuat gigi tiruan dan perawatan sendi.

dokter gigi

7. Oral Medicine (Sp.PM)

Dokter dengan spesilaisasi ini punya kompetisi dalam perawatan penyakit mulut karena bakteri dan jamur, halitosis, dan perawatan sendi dan rahang.

8. Dental Radiologist (Sp.RKG)

Untuk yang terakhir, dokter gigi dengan spesialisasi radiologi ini mempunyai kemampuan dalam padiologi yang merupakan interpretasi radiologi kedokteran gigi.

Jadi, setelah tahu mengenai 8 spesialisasi dokter gigi ini, diharapkan Kamu tidak salah ditangai dokter gigi. Alasannya adalah, hal itu yang akan menentukan seberapa besar keberhasilan penanganan medisnya.

(hel)

Comments