Terkuak, Inilah Identitas Kakek-kakek di Halaman Belakang Iqro!

Kepo Stories

Ragam / Kepo Stories

Terkuak, Inilah Identitas Kakek-kakek di Halaman Belakang Iqro!

Terkuak, Inilah Identitas Kakek-kakek di Halaman Belakang Iqro!

KEPONEWS.COM - Terkuak, Inilah Identitas Kakek-kakek di Halaman Belakang Iqro! Waktu kecil kita pasti pernah ngaji di TPA, pake buku Iqro ini. Nah yang bikin penasaran, siapa sih kakek-kakek yang ada di halaman belakang? Ternyata eh ternyata, beliau ialah K.H. As ad Humam. Emang...

Waktu kecil kita pasti pernah ngaji di TPA, pake buku Iqro ini. Nah yang bikin penasaran, siapa sih kakek-kakek yang ada di halaman belakang? Ternyata eh ternyata, beliau ialah K.H. As ad Humam. Emang gak banyak orang yang kenal sama beliau. K.H. As'ad Humam lahir pada tahun 1993. Beliau mengalami cacat fisik semenjak remaja, kena penyakit pengapuran tulang belakang dan harus menjalani perawatan di RS Bethesda Yogyakarta selama satu tahun lebih. Penyakit tersebut yang membuat beliau gak bisa bergerak dengan bebas sepanjang hidupnya. Tapi ini gak menghalangi beliau buat beribadah, sholatnya dilakukan dengan duduk lurus, tanpa bisa ruku' maupun sujud. Salut banget sm beliau gengs :')

buku iqro KH.Asad Humam kotagede

Sumber: hello-pet.com

K.H. As'ad Humam berprofesi sebagai pedagang di pasar Bringharjo, daerah Malioboro, Yogyakarta. Dari profesinya ini, beliau kenal dengan K.H. Dachlan Salim Zarkasyi. Melalui pertemanan inilah kemudian beliau mengetahui metode Qiroati. Muncullah gagasan untuk mengembangkannya agar para santri lebih mudah mencerna metode ini dalam belajar Alquran.

buku iqro KH.Asad Humam 1

Sumber: hello-pet.com

Eksperimen perihal metode ini dilakukan oleh K.H. As'ad Humam, dan coba ia usulkan pada K.H. Dachlan Zarkasyi. Gagasan ini kemudian ditolak oleh K.H. Dachlan, karena menurutnya Qiroati merupakan inayah dari Allah sehingga tak memerlukan perubahan. Terjadilah selisih paham di antara mereka.

Hingga pada akhirnya muncul gagasan K.H. As'ad Humam dan Team Tadarus Angkatan Muda Masjid dan Mushalla (Team Tadarus AMM) Yogyakarta untuk menyusun sendiri dengan pengembangan penggunaan cara cepat belajar membaca Alquran melalui metode Iqro.

buku iqro KH.Asad Humam 2

Sumber: sharia.co.id

Pada tahun 1996, K.H. As'ad Humam meninggal dunia dalam usia 63 tahun. Nah, sekarang kalian tau kan siapa sosok yang ada di halaman belakang Iqro ini? Semoga kita bisa meneladani sifat-sifat beliau ya gengs! :)

Comments