Terkait Kebocoran Data 279 Juta WNI, Kominfo Akan Blokir Raid Forums dan Akun Kotz

Tekno & Gadget

Updates / Tekno & Gadget

Terkait Kebocoran Data 279 Juta WNI, Kominfo Akan Blokir Raid Forums dan Akun Kotz

Terkait Kebocoran Data 279 Juta WNI, Kominfo Akan Blokir Raid Forums dan Akun Kotz

KEPONEWS.COM - Terkait Kebocoran Data 279 Juta WNI, Kominfo Akan Blokir Raid Forums dan Akun Kotz Sebagai perkembangan terbaru dari kasus kebocoran data pengguna BPJS Kesehatan, Dedy Permadi, Juru Bicara Kementerian Kominfo, mengaku pihaknya telah melakukan langkah antisipasi agar persebaran data...

Sebagai perkembangan terbaru dari kasus kebocoran data pengguna BPJS Kesehatan, Dedy Permadi, Juru Bicara Kementerian Kominfo, mengaku pihaknya telah melakukan langkah antisipasi agar persebaran data pribadi tak lebih luas.

Kominfo telah mengidentifikasi Raid Forums sebagai forum yang banyak menyebarkan konten yang melanggar perundang-undangan di Indonesia. Dengan begitu, website tersebut, termasuk akun bernama Kotz, sedang dilakukan proses pemblokiran.

Kemudian, tautan untuk mengunduh data pribadi, adalah bayfiles.com, mega.nz, dan anonfiles.com, semuanya telah dilakukan pemblokiran.

Jubir Kominfo

Kominfo mengklaim telah mengidentifikasi jumlah data yang lebih besar dan memperluas investigasi, terhadap sekira 1 juta data yang diklaim sebagai data sampel oleh penjual.

279 Juta Data WNI Bocor, Bareskrim Panggil Dirut BPJS Kesehatan Senin Besok

Dari hasil investigasi secara tak terencana terhadap sekitar 1 juta data tersebut, dapat disimpulkan bahwa Kominfo dan BSSN perlu melakukan investigasi lebih mendalam bersama dengan BPJS Kesehatan.

"Sesuai dengan amanat PP 71 tahun 2019, Kominfo telah melakukan pemanggilan terhadap Direksi BPJS Kesehatan sebagai pengelola data pribadi yang diduga bocor," kata Dedy, dalam keterangannya, Sabtu (22/5/2021).

BPJS Kesehatan Buka Suara soal 279 Juta Data Penduduk Bocor

Dari hasil pertemuan tersebut, BPJS mengaku akan memastikan dan menguji ulang data pribadi yang diduga bocor. Investigasi yang dilakukan oleh tim internal BPJS juga akan selalu dikoordinasikan dengan Kominfo dan BSSN.

Terakhir, langkah-langkah pengamanan data juga akan dilakukan oleh BPJS untuk memitigasi risiko kebocoran data pribadi yang lebih luas.

(hel)

Comments